Legislator Kalteng Minta Pemda Terus Berinovasi Menggerakkan Perekonomian

Hardi/BERITA SAMPIT - Legislator DPRD Kalteng, Natalia

PALANGKA RAYA – Legislator DPRD Kalteng, Natalia meminta pemerintah daerah (pemda) baik provinsi, kabupaten dan kota di Kalteng ini agar dapat terus berinovasi untuk menggerakkan perekonomian daerah.

Ia menjelaskan, pertumbuhan penduduk disuatu wilayah termasuk di Bumi Tambun Bungai yang setiap tahun kian meningkat dapat mempengaruhi atau terciptanya semakin banyaknya pengangguran dan peningkatan kemiskinan.

“Adanya berbagai inovasi yang dilakukan khususnya pada sektor perekonomian maka dampaknya akan dirasakan masyarakat terutama terbukanya lapangan pekerjaan, dan ekonomi daerah pun akan terus bergerak,” ucapnya melalui keterangan yang diterima, Selasa 6 Desember 2022.

Ia menambahkan, pertumbuhan penduduk yang setiap tahun kian meningkat tidak dapat dipungkiri dan dicegah, hal itupun dapat berpengaruh terhadap pergerakan ekonomi daerah. Namun, untuk menyikapi hal tersebut perlu ada upaya atau langkah dari pemerintah untuk mengatasinya.

BACA JUGA:   Tujuh Fraksi DPRD Kalteng Setujui Dua Raperda Jadi Perda

Ia juga menyebutkan bahwa, pertumbuhan penduduk ini terjadi contohnya di wilayah perkotaan salah satunya yaitu banyaknya sumber daya manusi (SDM) dari desa yang merantau untuk mengadu nasib atau mencari pekerjaan di kota, sebab di wilayahnya atau desa tidak terdapat peluang kerja.

“Jadi apabila SDM di daerah itu terus keluar dan mengadu nasib ditempat lain maka daerah tersebut akan banyak kehilangan SDM terbaik yang dimiliki, pengaruhnya ekonomi daerah itu akan stagnan karena tidak ada yang menggerakkannya, jadi ini yang perlu menjadi perhatian bersama,” jelasnya.

BACA JUGA:   Dewan Kalteng Dorong Pemda Kembangkan Potensi Pertanian

Dikatakannya agar dapat menggerakkan perekonomian daerah dan mengurangi migrasi penduduk, pemda bisa melakukan terobosan dengan membantu atau membuka peluang usaha masyarakat di daerah terutama bagi para pemuda misalnya bertani, budidaya ikan, berternak dan lain-lain.

“Beri dukungan mereka dengan menyiapkan modal, mengadakan bantuan bibit, pupuk, lahan, pakan, dan sebagainya agar ketika mereka menjalankan usaha bisa maju dan berkembang. Dan yang paling penting yaitu mereka mendapatkan peluang kerja sehingga tidak berpikir untuk ke daerah lain,” tandasnya. (Hardi)