Perubahan Dalam Sistem Kesehatan Nasional Perlu Dilakukan

HARDI/BERITA SAMPIT - Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kalteng, Leonard S. Ampung saat menyampaikan sambutan.

PALANGKA RAYA – Perubahan dalam sistem kesehatan nasional perlu dilakukan bukan hanya sebagai respon terhadap pandemi Covid-19, tetapi juga sebagai persiapan dan kewaspadaan untuk menghadapi ancaman kedaruratan kesehatan yang mungkin muncul di masa yang akan datang, dan terutama untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, mandiri, produktif dan berkeadilan.

Hal ini disampaikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kalteng, Leonard S. Ampung, saat membuka kegiatan Raker Bidang Kesehatan Tahun 2022, di Hotel Swiss Bell Palangka Raya, Selasa 6 Desember 2022.

“Saat ini kita menghadapi masa transisi dari pandemi ke endemi. Pemerintah mulai melonggarkan aturan pembatasan terkait pencegahan pandemi Covid-19, salah satunya dengan memperbolehkan masyarakat untuk tidak memakai masker saat beraktifitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang,” katanya.

BACA JUGA:   Beasiswa TABE Tak Kunjung Cair, Presma BEM UPR Angkat Bicara

Ia juga menyebutkan, belajar dari sejarah pandemi yang terjadi di dunia, transisi menuju endemi dilakukan saat masyarakat sudah mulai menyadari bagaimana caranya melakukan protokol kesehatan yang sehat pada diri dan keluarga dan hal tersebut memerlukan edukasi dan penerapan secara bertahap.

“Memasuki masa transisi. Hal ini merupakan tantangan tersendiri di bidang kesehatan setelah fokus pada penanganan pandemi Covid-19, kini dihadapkan pada penanganan Penyakit Tidak Menular (PTM),” jelasnya.

BACA JUGA:   Sepasang Kekasih Dijatuhi Hukuman atas Kecurangan Pemilu 2024

Pandemi Covid-19 telah mengajarkan bahwa tak ada satupun orang yang di dunia yang aman. Dibutuhkan pelayanan kesehatan yang lebih siaga, antisipatif, responsif dan tangguh dalam menghadapi ancaman masalah kesehatan yang terjadi saat ini maupun di masa yang akan datang.

“Oleh karena itu, atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah Saya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas dilaksanakan Rapat kerja Bidang Kesehatan tahun 2022 semoga Rapat Kerja Bidang Kesehatan ini semoga dapat memberikan pemikiran, ide, inovasi yang bermanfaat bagi pembangunan kesehatan di Kalimantan Tengah dan Nasional,” pungkasnya. (Hardi).