Sekarang Katingan Miliki Kantor Komando Distrik Militer, 200 Lebih Pasukan Sudah Siap Bertugas

ANNAS/BERITA SAMPIT - Pangdam XII Tanjung Pura Mayjend TNI Sulaiman Agusto, saat melantik Komandan Kodim 1019/Katingan Letkol Inf Anggun Wuriyanto.

KASONGAN – Kantor Perwira Penghubung Komando Distrik Militer (Pabung Kodim) 1015 Sampit di Kota Kasongan sudah tidak ada lagi. Pasalnya, sudah berganti menjadi kantor Komando Distrik Militer (Kodim) 1019/Katingan. Kurang lebih ada sebanyak 200 lebih pasukan bertugas di Bumi Penyang Hinje Simpei ini.

Kodim 1019/Katingan tersebut diresmikan langsung Pangdam XII Tanjung Pura Mayjend TNI Sulaiman Agusto. Selain itu sekaligus melantik Komandan Kodim 1019/Katingan Letkol Inf Anggun Wuriyanto, pada Selasa 6 Desember 2022. Meskipun guyur hujan, pelaksanaan pelantikan berjalan lancar dan hikmat.

Turut hadir juga Komandan Korem (Danrem) 102/Panju Panjung Brigjen TNI Yudianto Putrajaya, Kapolda Kalteng Irjen Pol Drs Nanang Avianto. Kemudian, Bupati Katingan Sakariyas, didampingi Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang, Ketua DPRD Kabupaten Katingan Marwan Susanto, dan tamu undangan yang hadir.

ANNAS/BERITASAMPIT – Pangdam XII Tanjung Pura Mayjend TNI Sulaiman Agusto, bersama Bupati Katingan Sakariyas, dan Komandan Kodim 1019/Katingan Letkol Inf Anggun Wuriyanto serta unsur lainnya foto bersama.

Pangdam XII Tanjung Pura Mayjend TNI Sulaiman Agusto, mengatakan peresmian Kodim ini sudah yang ke-8 di jajaran Korem 102 Panju/Panjung. “Harapan kita dengan adanya Kodim ini bisa membantu Kepolisian, Pemerintah Daerah serta Masyarakat untuk menciptakan suasana daerah yang kondusif. Yang paling penting adalah prajurit-prajurit Kodim 1019 ini selalu siap membantu kesulitan-kesulitan masyarakat,” jelasnya.

BACA JUGA:   Kasus Pencurian Sarang Burung Walet di Katingan Berakhir Damai

Menurutnya, memang secara infrastruktur kantor Kodim masih belum lengkap, namun secara bertahap akan dilengkapi oleh angkatan darat termasuk Pemerintah Daerah.

“Yang penting ini bisa operasional. Kemudian tugas kita juga nantinya akan membantu melakukan pengamanan bersama Kepolisian dan Pemerintah Daerah menghadapi penyelenggaraan Pileg dan Pilkada tahun 2024 maupun Pilpres di seluruh Indonesia. Sekali lagi, saya mengucapkan selamat kepada Kabupaten Katingan yang pada hari ini secara resmi sudah ada Kodim 1019/Katingan,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Bocah Sembilan Tahun yang Tenggelam di Sungai Katingan Ditemukan Tewas

Sementara itu, Komandan Kodim 1019/Katingan Letkol Inf Anggun Wuriyanto, mengatakan dengan sudah resmi dilantik, dirinya bersama anggota langsung bersinergi dengan Pemerintah Daerah, Kepolisian maupun stakeholder yang ada.

Terkait keamanan di Kabupaten Katingan, menurutnya masih lumayan aman dan kondusif. Namun, saat ini lebih di fokuskan membenahi yang ada terlebih dulu. Karena Kodim ini masih pembentukan satuan yang baru.

“Tetapi setelah saya berbincang dengan Kapolres dan anggota yang sudah lama, Katingan masih aman dan ada beberapa hal yang perlu kita tingkatkan keamanan termasuk kemungkinan adanya narkoba ataupun jalur lintas lainnya. sehingga nanti kita kan bersinergi dengan kepolisian, Pemerintah dan unsur terkait lainnya,” pungkasnya. (annas).