Dewan Kalteng Dorong Pemda Maksimalkan Keterampilan Masyarakat Lokal

HARDI/BERITA SAMPIT - Anggota Komisi IV DPRD Kalteng, Henry M Yoseph.

PALANGKA RAYA – Anggota Komisi IV DPRD Kalteng, Henry M Yoseph mendorong Pemerintah Daerah (Pemda) baik provinsi, kabupaten, dan kota supaya dapat memaksimalkan peningkatan keterampilan masyarakat lokal Kalteng.

Ia menjelaskan, peningkatan keterampilan dapat dilakukan dengan memberikan berbagai pelatihan, sehingga masyarakat lokal yang ada di provinsi ini mampu bersaing dalam dunia kerja maupun usaha.

“Peningkatan keterampilan ini kita harapkan bisa menjadi perhatian serius pemda di Kalteng. Karena kita tidak ingin masyarakat lokal kita hanya jadi penonton ketika ada investasi masuk daerah ini,” ucapnya melalui rilis yang diterima pada Rabu 7 Desember 2022.

Terlebih lagi, lanjut Dia, Ibu Kota Negara (IKN) telah resmi dipindahkan ke Kaltim, dan itu sudah mulai dibangun. Sehingga dalam beberapa tahun ke depan Kalteng pasti terkena dampak positifnya dari segi investasi akan banyak yang masuk.

Menurut Henry, Kalteng merupakan salah satu daerah penyangga yang berdekatan langsung dengan Kaltim, maka dari itu provinsi ini harus mampu menciptakan sebanyak-banyaknya sumber daya manusia (SDM) lokal yang memiliki keterampilan.

Disisi lain, agar peningkatan keterampilan masyarakat lokal ini dapat berjalan maksimal dari segi anggaran harus memadai. Sebab, untuk mengadakan pelatihan-pelatihan itu memerlukan anggaran yang cukup.

“Kita tentu sangat mendukung apabila ada pembahasan terkait anggaran untuk kepentingan masyarakat di Kalteng ini. Kita sangat berharap, ke depan masyarakat lokal Kalteng mampu bersaing untuk mendapatkan kesempatan kerja,” pungkasnya. (Hardi).