Dewan Kalteng: Faktor Penghambat Pengembangan Pertanian di Kalteng Perlu Solusi

HARDI/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalteng Sudarsono.

PALANGKA RAYA – Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng), Sudarsono mengatakan, faktor-faktor yang menjadi penghambat pengembangan pertanian masyarakat di Provinsi Kalteng perlu solusi dari Pemerintah untuk mengatasinya.

Ia mengungkapkan ada sejumlah faktor yang menghambat pengembangan pertanian masyarakat di provinsi ini salah satunya yakni keberadaan pupuk serta irigasi yang tidak memadai, sehingga hal ini agar bisa diatasi oleh pemerintah.

“Pupuk menjadi diantara yang paling penting dalam mengembangkan pertanian, namun harga yang tidak stabil itu membuat masyarakat petani kesulitan dan mengeluh, jadi ini salah satu yang harus diperhatikan,” katanya melalui rilis yang diterima pada Rabu 7 Desember 2022.

BACA JUGA:   Pembangunan Dari Pemerintah Harus Bisa Lebih Menyentuh Wilayah Pelosok

Menurut Sudarsono, dalam pendistribusian pupuk harus ada kontrol dari pemerintah terlebih itu pupuk subsidi terutama dari segi harga, sehingga tidak terlalu membebani masyarakat petani di Kalteng. Dan pengembangan pertanian pun bisa berjalan dengan baik.

Lebih lanjut Dia menuturkan, pemerintah harus dapat mendukung secara maksimal pengembangan pertanian di Kalteng ini dalam rangka untuk memperkuat ketahanan pangan daerah. Kapan perlu ada stimulus bagi petani dengan menyalurkan bantuan pupuk secara berkesinambungan.

BACA JUGA:   Persoalan Pendidikan di Kalteng Harus Segera Diselesaikan Secara Adil

Selain itu, keberadaan irigasi juga khususnya bagi pertanian persawahan sangat penting untuk memperlancar keluarnya air di area persawahan ketika terjadi hujan, sehingga petani tidak mengalami gagal panen akibat banjir.

“Terkait hal ini juga kerap menjadi aspirasi masyarakat ketika kita melaksanakan reses, jadi harus ada perhatian pemerintah baik provinsi, kabupaten dan kota di Kalteng. Harapan kita dengan adanya dukungan pemerintah ketahanan pangan kita pada sektor pertanian bisa semakin kuat,” pungkasnya. (Hardi).