Mulai Januari 2023 Wings Air Akan Layani Rute Muara Teweh-Banjarmasin Setiap Hari

Pesawat Wings Air di Bandara Haji Muhammad Sidik Muara Teweh, Senin (29/11/2021).ANTARA/Kasriadi

MUARA TEWEH – Maskapai penerbangan Wings Air akan melayani rute Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menuju Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan sebaliknya setiap hari mulai awal Januari 2023.

“Pihak Wings bersedia melayani Muara Teweh – Banjarmasin setiap hari mulai awal tahun depan,” kata Kepala Dinas Perhubungan Barito Utara Fery Kusmiadi di Muara Teweh, Rabu 7 Desember 2022.

Kesediaan maskapai melayani jurusan Bandara Haji Muhammad Sidik Muara Teweh menuju Bandara Syamsudin Noor di Banjarbaru itu setelah Bupati Barito Utara Nadalsyah menerima kunjungan Area Manager Lion Air Group Kalselteng Agung Purnama di rumah jabatan bupati setempat.

Dalam pertemuan itu Bupati Nadalsyah didampingi Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Sekda Muhlis, Kepala Dinas Perhubungan Fery Kusmiadi, Kepala Bandara Haji Muhammad Sidik Endang Setiawan dan Sekretaris Dinas Perhubungan setempat Mihrab Buanapati.

“Dalam pertemuan itu Bupati Nadalsyah meminta langsung kepada manajemen Lion Air Group terkait penerbangan setiap hari untuk jurusan Muara Teweh – Banjarmasin, langsung ditanggapi Agung Purnama kesediaan untuk membuka layanan setiap hari rute itu,” kata Fery.

BACA JUGA:   Dua Rumah di Kecamatan Gunung Timang Ludes di Lalap Jago Merah

Menurut dia, keinginan untuk layanan setiap hari ini, karena Bupati melihat perekonomian masyarakat di daerah ini mulai membaik, bahkan animo masyarakat menggunakan jasa penerbangan ini semakin banyak.

Layanan penerbangan saat ini dilakukan tiga kali dalam sepekan yakni setiap Senin, Rabu dan Jumat, menggunakan pesawat jenis ATR 72-200 yang penumpangnya selalu penuh.

“Dengan pertimbangan melihat kondisi animo penumpang ini, sehingga kerja sama antara Pemkab Barito Utara dengan maskapai Wings dalam sistem block seat yang berakhir Desember 2022 tidak diperpanjang lagi,” kata dia.

Fery mengatakan, penerbangan jurusan Muara Teweh ke Banjarmasin yang saat ini dilakukan pulang pergi atau pesawat datang langsung berangkat, namun mulai tahun depan rencananya pesawat berangkat dari Muara Teweh pagi, sedangkan dari Banjarmasin ke Muara Teweh sore hari.

BACA JUGA:   Tingkatkan Minat dan Bakat Siswa OMG Barut Adakan Pelatihan Sepakbola

“Jadi pesawat akan bermalam di bandara Muara Teweh dan berangkat ke Banjarmasin besok paginya,” kata dia.

Dia menambahkan, maskapai Wings Air juga sedang menjajaki melayani rute penerbangan langsung Muara Teweh – Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan, Kalimantan Timur, karena selama ini penerbangan ke Balikpapan, dilakukan transit melalui Banjarmasin.

“Untuk penerbangan dari Muara Teweh ke Balikpapan masih dalam proses evaluasi, kita harapkan juga terealisasi mulai tahun depan,” kata Fery.

Bupati Barito Utara Nadalsyah menyambut baik kesediaan pihak manajemen Lion Group membuka layanan penerbangan Muara Teweh – Banjarmasin setiap hari.

“Kita harapkan melalui layanan penerbangan setiap hari ini jumlah penumpang bertambah banyak lagi, sehingga berdampak pada perekonomian di Barito Utara,” ujar Nadalsyah.

(ANTARA)