Pemerintah Pusat Melalui BKKBN Apresiasi Pemkab Kobar Atas Komitmen Upaya Penurunan Stunting

IST/BERITA SAMPIT - Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Kobar Juni Gultom, mewakili Penjabat Bupati Kobar Anang Dirjo, telah menerima Piagam Penghargaan dari BKKBN Pusat.

JAKARTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kotawaringin Barat (Kobar) telah mendapat penghargaan dari Pemerintah Pusat melalui BKKBN atas komitmen serta inovasi terhadap upaya percepatan penurunan stunting di daerah.

Penghargaan diserahkan dalam acara Forum Nasional Stunting 2022 yang digelar Selasa, di Ballroom Shangri-la Hotel Jakarta Pusat. Kegiatan yang dihadiri Plt. Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kobar ini dilaksanakan sebagai media koordinasi yang terintegrasi dalam pelaksanaan program percepatan penurunan stunting, mulai dari tingkat pusat hingga desa.

Pelaksana Tugas Sekda Kobar Juni Gultom mengatakan, Pemkab Kobar telah menerima apresiasi atas kontribusi praktik dalam Webinar Series 2, komitmen Kepala Daerah dan Integrasinya ke Dalam Dokrenda. Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat siap mendukung upaya pemerintah pusat dalam upaya penurunan stunting, melalui penguatan koordinasi para tenaga kesehatan di lapangan, peningkatan kapasitas serta mendukung pelaksanaan tugas-tugasnya,” kata Juni Gultom.

BACA JUGA:   Pj. Bupati Kobar Anang Dirjo Menerima Penghargaan Siddhakarya 2022 dari Pemprov Kalteng

Seraya menambahkan bahwa pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting yang merupakan wujud komitmen pemerintah dalam mempercepat pencapaian target penurunan stunting menjadi 14 persen pada 2024.

Sementara itu, Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’aruf Amin yang hadir dalam kegiatan bertema “Bergerak Bersama Garda Terdepan dalam Pendampingan Keluarga Untuk Percepatan Penurunan Stunting”.

BACA JUGA:   Inilah I Unit Rumah Mewah Type 36 yang Akan Diundi Cell Com Tronic Pangkalan Bun, 10 Januari 2023

Wapres meminta kepada seluruh kepala daerah untuk memimpin langsung koordinasi program penurunan prevalensi stunting di wilayahnya masing-masing.

“Saya minta untuk memimpin langsung koordinasi pelaksanaan program dalam lingkup kewenangannya,” tegas wapres. Yang dilaporkan Christian Ribut YS Pranata Humas Setda Kobar, kepada beritasampit.co.id dari Jakarta. (Man).