Topik Pencarian, Fitur Baru Google Search

Fitur topik untuk mempermudah pencarian di Google Search. (ANTARA/blog.google.com)

JAKARTA – Mesin pencari Google Search memiliki fitur baru, yaitu pencarian berdasarkan topik, supaya pengguna lebih mudah menemukan konten yang mereka cari.

Google Search dalam unggahan di blog resmi, Selasa 6 Desember 2022 waktu setempat, menjelaskan fitur topik akan muncul di bagian bawah bar pencarian, ditandai dengan tanda plus “+”.

Topik akan mengerucutkan hasil pencarian sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan. Pengguna juga bisa menambah atau menghapus topik pencarian.

BACA JUGA:   Kenapa Minat Baca di Indonesia Masih Rendah?, Ini Alasannya

Misalnya memasukkan kata kunci “ide makan malam” di kolom pencarian Google Search, laman pencari akan memberikan topik “sehat” dan “cepat”. Ketuk salah satu topik yang diinginkan, pengguna bisa menghemat beberapa detik dibandingkan menambahkan kata kunci pencarian.

Topik yang ditawarkan bisa berubah seiring dengan pencarian, Google ingin memberikan lebih banyak opsi dan menemukan konten-konten baru. Misalnya, memilih topik “sehat”, maka saran topik pencarian berikutnya bisa saja “vegetarian”.

BACA JUGA:   Tradisi Imlek dan Penjelasan Maknanya

Fitur topik untuk sementara ini diluncurkan untuk pengguna berbahasa Inggris di Amerika Serikat, yang menggunakan aplikasi Google di Android dan iOS.

Topik yang muncul adalah hasil analisis Google terhadap berbagai pencarian yang pernah dilakukan di mesin pencari itu. Google secara otomatis akan memberikan topik yang relevan berdasarkan kata kunci pencarian.

Selain topik, Google selama ini sudah memberikan fitur penyaringan (filter) supaya hasil pencarian lebih spesifik.

(ANTARA)