Disdik Kotim Ingatkan Operator Sekolah Harus Aktif Input Dapodik

ARIFIN/BERITA SAMPIT - Operator sekolah bukan mencari data, tugasnya adalah menginput data. Jika ada perubahan diharapkan segera diinput.

SAMPIT – Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalimantan Tengah (Kalteng), mengingatkan kepada seluruh operator sekolah agar aktif menginput data pokok pendidikan (Dapodik).

Alasannya, jika ada perubahan data ternyata belum diupdate akan dianggap fatal. Sebab, Dapodik dianggap data penting mengenai sekolah.

“Dapodik itu harus selalu dikawal, sesuaikan bukti dan jangan sampai ada selisih. Jika ada perubahan segera diinput dan penginputan ini tugasnya adalah operator sekolah,” ucap Kepala Disdik Kotim melalui Kepala Seksi Pembinaan GTK SD Herman Yudianto, Jumat 9 Desember 2022.

BACA JUGA:   Sejumlah Caleg Muda Berhasil Tumbangkan Inkamben DPRD Kotim

Dijelaskannya, yang ada di dapodik itu umumnya mengenai data guru, murid, sarana dan prasarana sekolah hingga usulan sekolah.

“Operator sekolah itu hendaknya diingatkan seandainya ada perubahan. Diingatkan kembali bahwa tugas operator itu menginput data, bukan mencari data,” tegas Herman.

Dia juga mengingatkan bahwa Dapodik satuan pendidikan selalu dipantau langsung oleh Kemendikbud Ristek dan setiap tanggal 20 Agustus data akan diupload untuk penyesuaian data.

BACA JUGA:   Ini Identitas dan Kronologis Perempuan Hamil yang Tewas Kecelakaan

“Dapodik itu penting, setiap tanggal 20 Agustus tiap tahun data dipantau Kemendikbud Ristek, jadi, jika ada perubahan data segera diinput sebelum tanggal tersebut,” pesan Herman. (ifin)