KPU Kalteng Gencarkan Sosialisasi Pemilu pada Pemilih Pemula di Palangka Raya

KPU Kalteng gencarkan sosialisasi Pemilu 2024 pada pemilih pemula di Palangka Raya. ANTARA/HO-KPU Kalteng

PALANGKA RAYA – Komisi Pemilihan Umum Provinsi Kalimantan Tengah (KPU Kalteng) menggencarkan sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 kepada pemilih pemula dan pemilih muda mahasiswa di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya.

“Melalui sosialisasi ini, kami berharap mahasiswa yang di dalamnya ada pemilih pemula bisa aktif berpartisipasi dalam Pemilu Serentak dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024,” kata Ketua KPU Kalteng Harmain Ibrohim, di Palangka Raya, Minggu 11 Desember 2022.

Dia menerangkan, pada 2024 akan dilaksanakan pemungutan suara pemilihan umum serentak pada 14 Februari dan pemungutan suara pemilihan kepala daerah serentak pada 27 November.

Harmain mengatakan, data Daftar Pemilih Berkelanjutan (DPB) yang terbaru di Kalteng sebanyak 1.824.567 orang. Sedangkan Generasi Z yang lahir pada tahun 2000-an sebanyak 217.849 orang atau sekitar 11,94 persen dari DPB.

BACA JUGA:   20.379 Jiwa Terdampak Banjir di Kota Palangka Raya

Harmain mengatakan, KPU kabupaten/kota akan membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk berpartisipasi menjadi penyelenggara pemilu dengan rekrutmen panitia pemungutan suara (PPS) di kelurahan dan desa.

“Ada 1.571 desa dan kelurahan di Kalteng, satu PPS ada 3 dan itu yang kami cari. Atau Anda juga boleh menjadi petugas KPPS. Kami berharap mahasiswa juga ikut berperan ambil bagian menjadi penyelenggara Pemilu Serentak 2024,” kata Harmain.

Komisioner KPU Kalteng Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat Eko Wahyu Sulistyobudi mengatakan, para pemilih pemula harus terus diberikan pemahaman terkait pentingnya berpartisipasi aktif pada seluruh tahapan pemilu hingga penetapan pemenang pada kontes pesta demokrasi serentak.

BACA JUGA:   DAD Kalteng Bersama Berbagai Lembaga dan Ormas Kembali Gelar Pasar Ramadan

Menurut dia, pemilih pemula belum banyak mengetahui terkait pemilu, sehingga perlu diberikan pemahaman. Dengan meningkatnya pemahaman terkait pemilihan umum, pihaknya berharap para pemilih pemula berpartisipasi menggunakan hak pilih saat pemungutan suara nanti.

“Salah satu poin penting yang harus diketahui pemilih pemula adalah pemilu yang akan dilaksanakan sangat penting untuk menentukan nasib arah kebijakan pembangunan daerah, dan negara dalam lima tahun ke depan,” kata Eko pula.

(ANTARA)