Upaya Mencegah Stunting, Pemkot Palangka Raya Ajak Warga Gemar Makan Ikan

Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Indriarti Ritadewi. (ANTARA/Rendhik Andika)

PALANGKA RAYA – Pemerintah Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengajak warga setempat untuk gemar makan ikan sebagai upaya untuk mencegah stunting di daerah itu.

“Ikan banyak mengandung zat-zat yang diperlukan tubuh. Dengan gemar makan ikan, tentu potensi terjadinya stunting dapat diminimalkan,” kata Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya Indriarti Rita Dewi di Palangka Raya, Rabu 14 Desember 2022.

Dia mengatakan gemar makan ikan harus dilakukan oleh orang tua mulai sejak awal pernikahan, perencanaan kehamilan, saat kehamilan, hingga setelah kelahiran dan menyusui.

Antisipasi stunting harus dilaksanakan sejak awal pernikahan, kemudian dilanjutkan pada 1.000 hari kehidupan anak yang dimulai sejak anak dalam kandungan hingga anak usia dua tahun.

BACA JUGA:   Pemprov Kalteng Salurkan 1.420 Ton Beras untuk Pasar Murah

“Sementara bagi anak, makan ikan harus dimulai sejak anak diperbolehkan mendapatkan Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI),” kata perempuan berhijab itu.

Apalagi, lanjut dia, di wilayah Kota Palangka Raya banyak ditemui dan juga mudah didapat berbagai jenis ikan air tawar.

Selain untuk meminimalkan potensi terjadinya stunting, katanya, mengonsumsi ikan secara cukup juga akan menumbuhkan generasi yang sehat dan cerdas, mampu bersaing dan menjadi generasi yang tangguh serta unggul.

BACA JUGA:   Bawaslu Kapuas Nyatakan Sejumlah TPS Diduga Lakukan Pelanggaran Administratif Pemilu

Indriarti mengatakan salah satu upaya yang baru saja dilakukan untuk menjadikan warga “Kota Cantik” –sebutan Kota Palangka Raya– gemar makan ikan dengan melaksanakan lomba masak serba ikan.

Melalui kegiatan tersebut, pihaknya juga ingin ibu rumah tangga semakin kreatif dalam mengolah ikan untuk keperluan konsumsi dan kuliner sebagai sumber pendapatan keluarga serta mendekatkan produk perikanan kepada masyarakat.

Dalam menjaga stok kebutuhan di sektor perikanan pihaknya juga terus berupaya dalam meningkatkan produksi ikan serta terus mendukung kelompok-kelompok pembudi daya ikan.

(ANTARA)