Keberadaan Pos Kamling Menciptakan Situasi Kondusif Dilingkungan Masyarakat

M.Slh/BERITA SAMPIT - Suasana kegiatan pembinaan Pos Kamling di Kecamatan Kurun.

KUALA KURUN – Tanamkan jiwa Siaga Kamtibmas di wilayah binaan, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1016-06/Kurun, Serka Defriyanto memberikan  materi pembinaan Pos Kamling tingkat kecamatan kepada masyarakat yang berada di Kecamatan Kurun Kabupaten Gunung Mas.

Babinsa memiliki tanggung jawab wilayah binaan dan menyikapi situasi, sangat mengapresiasi lahirnya kepedulian masyarakat terhadap keamanan lingkungan. Hal itu dibuktikan dengan menjadi Narasumber pelaksanaan materi pembinaan Pos Kamling.

Babinsa Serka Defriyanto mengatakan, kegiatan ini merupakan upaya aparat kewilayahan dalam meningkatkan keamanan di lingkungan permukimannya.

Dijelaskannya, pos keamanan warga itu sesuai pengertian secara umum merupakan suatu kegiatan atau upaya untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

dengan membangkitkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi dan peduli terhadap keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing. Karena itu keberadaan Poskamling sangat penting,”ungkap Serka Defriyanto. Rabu 14 Desember 2022.

Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan Siskamling merupakan suatu usaha dalam menciptakan situasi yang kondusif dilingkungan masyarakat guna mempererat komunikasi sosial dengan masyarakat

“Karena hal ini sebagai tindakan awal deteksi dini serta cegah dini dalam menangkal aksi kriminalitas paham-paham radikal serta terorisme ataupun kegiatan yang meresahkan dilingkungan, tuturnya.

Dimana, selain sebagai tempat penjagaan keamanan lingkungan, juga tempat sambung rasa dan bersosialisasi antara masyarakat satu dengan masyarakat lainnya.

“Dengan adanya pembinaan Siskamling ini dapat terjalin terus dengan baik, sehingga apa yang sudah kita rencanakan yang menyangkut dengan Kamtibmas dapat terkabul dengan baik, tutupnya. (Ale)