Akibat Banjir, Jembatan Penghubung Desa di Tualan Hulu yang Rusak Parah Diperbaiki

ANDREA IRAWAN/BERITA SAMPIT -Jembatan Sei Paken Sebungsu di Tualan Hulu diperbaiki.

SAMPIT – Kondisi jembatan Sungai Paken di Desa Sebungsu Kecamatan Tualan Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur yang beberapa bulan ini mengalami kerusakan pasca banjir lalu dan menghambat kelancaran akses warga sekitar akhirnya diperbaiki.

Bahkan akibat kondisi jembatan yang rusak warga sudah banyak yang mengeluh dengan kondisi tersebut dan tidak sabar lagi menanti perbaikan dari pemerintah.

Jembatan Sei Paken merupakan satunya penghubung antar desa dan Ibukota Kecamatan, ada sekitar 9 desa yang memanfaatkan jalan itu yaitu Desa Sebungsu, Desa Tumbang Mujam, Desa Merah, Desa Mekar Sari, Desa Luwuk Sampun , Desa Damar Makmur, Desa Wonosari, Desa Tanjung Jorong dan Desa Bukit Makmur yang berada di Kecamatan Tualan Hulu .

Jalan lintas tersebut merupakan akses penghubung Kecamatan Tualan Hulu menuju Kecamatan Parenggean merupakan akses utama warga setempat yang sempat hampir putus dan kini telah diperbaiki setelah adanya kerjasama dari pihak Kecamatan Tualan Hulu, Pemdes setempat serta PBS sekitar

BACA JUGA:   Aksi Hipnotis Menimpa Seorang Emak-Emak di Sampit

Camat Tualan Hulu Admadi Sastra menyebutkan adanya komitmen dan tanggung jawab PBS terhadap masyarakat sekitarnya, bahkan itu ditegaskan melalui pertemuan bulan lalu ruang rapat PT.HSL

Adapun agenda termasuk pembuatan jalur jalan listrik di tiga desa yang belum teralirkan listrik yaitu Desa Damar Makmur, Desa Tanjung Jorong, dan Desa Mekar Sari serta rencana Pembuatan Dokumen Master Plan Desa Pariwisata dan Budaya di Kecamatan Tualan Hulu.

Admadi Sastra mengatakan, pihaknya dan Pemdes setempat melakukan Koordinasi kerjasama memperbaiki jembatan dengan pihak perusahaan seperti PT. TASK, SISK dan PT. SSP untuk memperbaiki jembatan Sei Paken Sebungsu tersebut.

“Bersyukur kepada pihak yang sudah mau bekerjasama untuk memperbaiki jembatan Sei Paken Sebungsu ini sehingga sangat membantu masyarakat kami mengingat kondisi jembatan yang menghubungkan akses jalan utama ini diperbaiki setidaknya lebih baik dan bisa menunjang kelancaran aktivitas warga sekitar lagi,” kata Admadi, Rabu 14 Desember 2022.

BACA JUGA:   Tugas Selesai, Gaji PPS di Kotim Menunggak

“Saya sangat berharap semoga secepatnya ada perhatian peningkatan pembangunan jembatan ini dari pihak pemerintah, agar masalah yang kerap terjadi dan kecemasan warga melintasi jalan terutama saat hujan, arus sungai lumayan deras, bahkan banjir melanda jembatan sampai ambruk tidak terjadi lagi,” ujar Camat Tualan Hulu itu.

Sementara itu Pemerintah Kecamatan secara langsung turun ke lapangan memonitor pengerjaan perbaikan jembatan itu agar lebih maksimal pengerjaan perbaikannya.

“Semoga jembatan yang sudah kita perbaiki saat ini nantinya bisa sama-sama kita jaga walau hanya menggunakan bahan dan kayu seadanya dulu dan kita perjuangkan bersama semoga akan segera terealisasi bantuan perbaikan dari pemerintah daerah dan pihak terkait bisa membantu, karena jembatan dan jalan tersebut banyak dilalui warga serta jalan lintas utama kecamatan,” pungkasnya.(Andrea)