Keren… Desa di Kecamatan Tualan Hulu Punya Agro Wisata

SAMPIT – Kecamatan Tualan Hulu adalah salah satu kecamatan yang berada di wilayah utara Kabupaten Kotawaringin Timur secara garis besar kecamatan ini sangat menarik untuk dikembangkan.

Desa – desa di wilayah tersebut memiliki potensi desa wisata yang dikembangkan oleh pemerintah desanya.

Ternyata tak hanya Desa Wonosari saja yang punya potensi alam menjadi desa wisata, tetapi Desa Cempaka Putih atau sering disebut warga sekitar SP6 juga tak kalah menarik, desa ini ternyata mempunyai agro wisata aneka buah-buahan yang mereka kelola dan kembangkan.

Abdurrahiem, kepala Desa Cempaka Putih mengatakan untuk saat ini buah -buahannya tidak merata perkembangannya ada yang belum berbuah dan ada yang masih berbunga karena terkendala perawatan yang kurang maksimal.

“Untuk tanaman khas buah-buahan luasnya sekitar 2 hektare kalau keseluruh lahannya termasuk kolam dan lapangan olahraga termasuk tribun luasnya ada 4 hektare,” tutur Ahiem sapaan kades itu.

Desa Cempaka Putih sangat memiliki potensi menjadi desa agro wisata dan berharap agro wisata ini dapat meningkatkan penghasilan dan meningkatkan perekonomian masyarakat di desa tersebut yang mayoritas berprofesi sebagai petani dan pekebun.

Abdurrahiem berharap nantinya ada bantuan dari pemerintah daerah melalui dinas terkait yang membidanginya, sehingga keterbatasan SDM yang selama ini jadi masalah di mereka bisa teratasi

“Kami juga berharap bantuan dana karena selama ini minimnya dana yang bersumber dari dana desa sehingga agak lamban untuk perawatan dan perkembangan meningkatkan hasil produksi,” pungkas Ahiem.(Andrea)