Menghadapi Nataru Bandara Tjilik Riwut Gelar Posko Terpadu

IST/BERITA SAMPIT - Suasana pengamanan Bandara Tjilik Riwut

PALANGKA RAYA – Menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 Bandara Tjilik Riwut bersiap menghadapi arus mudik dan liburan sekolah. Sesuai arahan Kementrian Perhubungan – DirJen Perhubungan Udara, posko angkutan Natal dan Tahun Baru dimulai tanggal 19 Desember 2022 sampai dengan 3 Januari 2023.

“Dengan melandainya kasus covid-19, jumlah penumpang yang bepergian melalui Bandara Tjilik Riwut beranjak meningkat. Hal ini terlihat dengan jumlah penumpang per hari sejak awal Desember 2022 yang mencapai 2200an penumpang,” kata Executive General Manager Bandara Tjilik Riwut Agoes Soepriyanto melalui keterangannya yang diterima, Selasa 20 Desember 2022.

BACA JUGA:   Kadis Kominfosantik Kalteng Bagikan Bantuan untuk Pasar Murah di Kabupaten Barut

Kondisi pandemi saat ini masih dalam status ppkm level 1, dibandara tetap melakukan penerapan prokes covid-19 dengan 3M (Menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker) dan kepada penumpang, tetap melakukan prosedur ppkm level satu dengan wajib melampirkan bukti sertifikat vaksin booster bagi penumpang dewasa dan usia enam tahun keatas wajib telah vaksin kedua.

Untuk mengantisipasi penumpang yang belum melakukan vaksin booster, Angkasa Pura II (APII) bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) berencana membuka gerai vaksinasi bagi calon penumpang yang telah mempunyai tiket namun belum mendapat vaksin booster (penumpang dewasa) dan vaksin kedua (usia enam tahun keatas) mulai tanggal 24 Desember 2022 sampai dengan 1 Januari 2023.

BACA JUGA:   Diskominfosantik Kalteng Gelar Media Gathering-Buka Puasa Bersama Insan Pers 

“Semoga dengan dibuka gerai vaksin ini, dapat memudahkan masyarakat yang akan bepergian melalui bandara,” lugasnya.

Ia menambahkan, untuk mewaspadai kejadian Peledakan Bom Bunuh Diri di Astana Anyar Bandung yang terjadi beberapa waktu yang lalu, APII meminta kepada tim keamanan, TNI dan Polri untuk melakukan screening random kendaraan yang masuk ke area bandara. Demi terjaminnya keamanan serta kenyamanan kepada seluruh pengguna jasa bandara. (Hardi)