Pertamina Bagikan 1.880 Paket Konversi BBM ke BBG untuk Nelayan dan Petani di Kalteng

Dokumentasi - Pembagian paket konversi BBM ke BBG di Kotawaringin Barat dan Seruyan. (ANTARA/HO-Pertamina)

PALANGKA RAYA – Pertamina membagikan sebanyak 1.880 paket konversi Bahan Bakar Minyak (BBM) ke Bahan Bakar Gas (BBG) untuk para nelayan dan petani di Kabupaten Kotawaringin Barat dan Seruyan, Provinsi Kalimantan Tengah.

“Pertamina akan terus berkomitmen dalam mendukung program pemerintah, di antaranya adalah program konversi BBM ke BBG bagi para nelayan dan petani yang membutuhkan,” kata Area Manager Communication, Relations and CSR Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan, Arya Yusa Dwicandra dihubungi dari Palangka Raya, Selasa 20 Desember 2022.

Arya menjelaskan, konversi BBM ke BBG dilakukan ke wilayah dengan mata pencaharian utama masyarakatnya merupakan petani dan nelayan.

Program ini dilakukan Pertamina untuk mendukung ketahanan energi, penyediaan energi alternatif, menyokong ekonomi masyarakat, hingga mendorong penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan.

“Sebelumnya kami telah melakukan sosialisasi program konversi BBM ke BBG ini untuk kapal penangkap ikan bagi nelayan,” ujarnya.

Arya menjabarkan, Pertamina ditugaskan mendukung kebijakan pemerintah dalam penggunaan BBM ke BBG sebagai bagian dari kebijakan energi nasional untuk mendukung ketahanan energi, serta penyediaan energi alternatif yang lebih ramah lingkungan bagi nelayan.

Sales Area Manager Kalimantan Selatan dan Tengah (Kalselteng), Jalu Tarwoco menambahkan, setiap nelayan akan mendapat satu unit mesin kapal, dua tabung elpiji tiga kilogram, satu set baling-baling, dan satu set konverter kit.

Kegiatan yang Pertamina laksanakan ini sesuai dengan Perpres Nomor 5 Tahun 2006. Program ini mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan penggunaan energi ramah lingkungan, sehingga mengurangi tingkat polusi dan pencemaran.

Jalu menambahkan program konversi ini dijalankan sesuai kriteria dan ketentuan yang berlaku dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 38 Tahun 2019 tentang Penyediaan, Pendistribusian, dan Penetapan Harga LPG untuk Kapal Penangkap Ikan Bagi Nelayan Sasaran dan Mesin Pompa Air bagi Petani Sasaran.

Untuk masyarakat yang memerlukan informasi lebih lanjut mengenai program dan layanan Pertamina, maka dapat mengakses situs web resmi Pertamina yaitu www.pertamina.com dan kontak Pertamina pada 135.

(ANTARA)