Membantu Pengembangan Obyek Wisata, Kolam Pemancingan Perlu Perhatian Dari Pemkab Kobar

MAN/BERITASAMPIT - Encum Ronda, pengelola Kolam Pemancingan SAKA PAKU Desa Pasir Panjang.

Penulis: Maman Wiharja

SAAT ini banyak bermunculan lokasi Kolam Pemancingan di Kabupaten Kobar, seperti Kolam Pemancingan ‘Saka Paku’ khusus ikan mas di Jalan Pramuka depan samping Kantor Dikbud Kobar Desa Pasir Panjang.

Kemudian lokasi pemancingan “ Fajar “ khusus ikan Patin Pangkalan Bun Kelurahan Sidorejo dan Kolam Pemancingan ‘Rai Palingkau,” ‘Cinta Damai’ serta ‘Jojes SP 4 Desa Pangkalan Lada.

Pengamatan penulis, semua lokasi Kolam Pemancingan boleh dikatakan sudah membantu mengembangkan obyek wisata lokal. Mereka sambil usaha mengelola sendiri tempat kolam pemancingan, dengan sedemikian rupa agar lokasi kolam pemancingan semakin cantik dan menarik bagi warga yang hobi mancing .

Dan semua warga yang mengelola kolam pemancingan, saat dipantau penulis tidak pernah memikirkan bantuan dari Pemkab Kobar. “Saya mengelola lokasi kolam pemancingan sudah cukup lama, dan engga pernah memikirkan untuk mendapat bantuan dari Pemkab Kobar, yang penting saya sudah ikut membantu menyalurkan para penghobi mancing,” kata Fajar.

Mantan Kades Pasir Panjang Encum Ronda, yang baru-baru ini membuka dan mengelola lokasi Pemancingan ‘Saka Paku’, juga tidak pernah memikirkan bantuan dari Pemkab Kobar, niatannya hanya ikut mendukung dan meramaikan para penghobi mancing.

“Saya sendiri sejak lama sudah hobi mancing, setiap ada even gala tama/lomba mancing dimana pun saya kejar, seperti di Kabupaten Sukamara dan Kabupaten Lamandau . Sekarang bersama teman dekat saya sudah mengelola sendiri usaha kolam pemancingan dengan nama ‘Kolam Saka Paku’. Tapi mancing tetap berjalan kalau ada yang mengundang di kolam lain,” kata Encum Ronda.

Pengamatan penulis, mengaitkan dengan program pembangunan di bidang Pariwisata, tentunya kedepannya pihak Dinas Pariwisata perlu memperhatikan sejumlah pengelola lokasi pemancingan.

Misal memberi pembinaan dan bantuan khusus Ikan Mas atau Patin, kerjasama dengan Dinas Perikanan. Dengan membuka even khusus oleh Pj.Bupati Kobar misal di acara HUT Kobar sambil menggelar ‘Lomba Mancing Mania/Gala Tama’.

Karena mereka (para pengelola) lokasi kolam pemancingan juga sudah ikut mendukung program pemerintah antara lain ikut mengembangkan obyek wisata di Kabupaten Kobar. SEMOGA.