Didik Setiawan: Bank Marunting Sejahtera Semakin Dipercaya Masyarakat Kobar

MAN/BERITA SAMPIT - Didik Setiwan Direktur Bank Marunting (Kemeja Batik) saat menyaksikan Pj. Bupati Kobar Anang Dirjo menandatangi /prasasti diresmikannya Gedung Baru Bank Marunting di Pangkalan Banteng.

PANGKALAN BUN,- Dengan diresmikannya gedung baru kantor Kas Bank Marunting Sejahtera yang representatif dan letaknya yang strategis di Kecamatan Pangkalan Banteng Kabupaten Kobar.

Akan menjadi daya tarik dan juga akan meningkatkan brand image bagi Bank Marunting sebagai Bank milik pemerintah daerah sehingga Bank Marunting sampai saat ini semakin dipercaya masyarakat Kobar.

“Harapan kami dengan diresmikannya gedung baru di Pangkalan Banteng dapat lebih meningkatkan kepercayaan masyarakat dan jumlah nasabah yg akan memanfaatkan fasilitas layanan dari Bank Marunting,” kata Didik Setiawan Direktur Perumda BPR Marunting Sejahtera, dikonfirmasi Kamis, 22 Desember 2022.

Menurut Didik, pembiayaan pembangunan gedung kas BPR MS di Kecamatan Pangkalan Banteng menggunakan dana non APBD dan murni menggunakan dana Bank Marunting Sejahtera sebesar Rp500 juta.

“Dan guna melengkapi sarana dan prasarana pendukung lainnya sebesar Rp200 juta, sehingga total Rp700 juta. Dan saat ini Perumda BPR Marunting Sejahtera telah memiliki 3 kantor yang terdiri dari 1 kantor pusat dan 2 kantor kas yang berada di Riam Durian Kecamatan Kotawaringin Lama dan di Kecamatan Pangkalan Banteng,” ucap Didik.

Selain 3 kantor tersebut, lanjut Didik Perumda BPR MS juga memiliki 1 mobil pelayanan yang pengadaannya juga menggunakan dana BPR MS pada tahun 2021, mobil pelayanan tersebut digunakan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat di pelosok yang tidak terjangkau oleh kas pelayanan.

Menurutnya, perkembangan Perumda BPR MS sejak berdiri dengan modal awal yang disetor oleh pemerintah daerah, sebesar Rp 15 miliar, saat ini telah tumbuh pesat dengan memiliki nilai aset sebesar Rp80 miliar.

Sementara itu dana simpanan masyarakat dalam bentuk tabungan dan deposito sebesar Rp55 miliar, dan portofolio kredit yang disalurkan sebesar Rp51 miliar, serta dalam bentuk inventaris dan cash rasio lainnya. Dengan perkembangan tersebut Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai Bank Marunting Sejahtera berpredikat bank sehat.

Ia mengungkapkan saat ini kantor kas BPR MS Pangkalan Banteng selain melayani wilayah sekitarnya, juga telah memberikan layanan meliputi wilayah Kecamatan Pangkalan Lada, Kecamatan Arut Utara, bahkan sudah mengakses layanan hingga ke perbatasan Seruyan yang juga memilik potensi besar untuk ditingkatkan.

“Dengan adanya gedung baru yang representatif akan meningkatkan brand image BPR MS sebagai bank milik pemerintah daerah, dan meski kondisi perekonomian tidak pasti paska Covid-19 namun BPR MS masih dapat tumbuh dengan positif dan memberikan kontribusi PAD bagi daerah,” imbuh Didik.

Seraya menambahkan, atas nama Perumda BPR Marunting Sejahtera, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Pj.Bupati Kobar Anang Dirjo dan jajarannya, serta para undangan lainnya, sehingga acara persemian Gedung baru di Pangkalan Banteng, berjalan sesuai dengan jadwal dan sukses. (Man).