Ini Program Rencana Kerja Damang Tualan yang Dijalankan Awal 2023 

ANDREA IRAWAN / BERITA SAMPIT - Damang Kecamatan Tualan Hulu, Leger T Kunum.

SAMPIT – Lembaga Adat Dayak Kedamangan Tualan Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur sudah mulai siapkan program rencana kerja untuk awal Tahun 2023 nanti.

Langkah ini dipersiapkan dalam rangka gerak cepat membangun dan mengembangkan lembaga kedamangan adat dayak di kecamatan tersebut.

Damang Kepala Adat Kecamatan Tualan Hulu Leger T Kunum pada pada Rabu, 22 Desember 2022 mengatakan awal tahun baru 2023 nanti dan dengan semangat baru mereka siap start bergerak cepat membenahi dan melaksanakan program lembaga kedamangan adat.

“Terutama yang akan kita lakukan untuk kelengkapan kantor sekretariat,” ujar Leger, Kamis 22 Desember 2022.

Ia juga mengungkapkan program mereka diantaranya yaitu akan melaksanakan musyawarah kelembagaan bersama sekretaris damang, mantir kecamatan dan mantir desa se-kecamatan Tualan Hulu.

BACA JUGA:   TPQ Sahabat Karib Sampit Gelar Acara Puncak Khotmil Qur'an Sekaligus Buka Puasa Bersama

“Selanjutnya kita akan membentuk Panitia Pembangunan Rumah Betang dan juga kita akan mengadakan rapat kelembagaan menyusun pengajuan proposal bantuan ke PBS sekitar untuk kelengkapan kantor sekretariat terutama pengadaan arus listrik, pengajuan tambahan insentif mantir kepada PBS dan koperasi serta menyepakati bersama rencana pembangunan kebun lembaga adat,” tutur Leger.

Leger juga menambahkan, untuk pembangunan rumah betang di ibu kota Kecamatan Tualan Hulu nanti akan mulai dilaksanakan setelah ada realisasi dari Pemkab Kotim atau dari Bupati Kotim

“Jika anggaran dari Pemkab Kotim sebesar Rp200 juta sesuai yang beliau sampaiakan untuk awal pembangunan pada saat acara Hasupa Hasundau di Sebungsu pada November lalu. Setelah itu pembangunan rumah betang akan dilanjutkan oleh pihak PBS yang ada didaerah sekitarnya,” ujar Leger.

BACA JUGA:   Kerusakan Jalan di Mentaya Hulu, DPRD Kotim: 2025 Akan Diperbaiki

Setelah itu Leger juga mengatakan di penghujung akhir 2022 ini dirinya ingin mengucapkan Selamat Merayakan Natal 25 Desember 2022 dan Selamat menyongsong Tahun Baru 2023

“Semoga tahun depan 2023 nanti kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan diberikan kemudahahan serta kesuksesan disegala hal dan urusan kita, ” ucap Damang kelahiran Desa Sebungsu itu. (Andrea)