Perlu Keterlibatan Semua Elemen Dalam Wujudkan TPB-SDGs di Gunung Mas

IST/BERITA SAMPIT – Saat berlangsungnya rapat monitoring evaluasi terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Sustainable Development Goals (TPB-SDGs).

KUALA KURUN – Pemerintah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah (Kalteng) melaksanakan rapat monitoring evaluasi terhadap Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, Sustainable Development Goals (TPB-SDGs) di Kabupaten Gunung Mas.

“Dalam Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia nomor 59 tahun 2017 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals terdapat beberapa tujuan dan indikator yang ingin dicapai dalam proses pembangunan, baik itu di tingkat daerah maupun nasional,” ungkap Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas, Yansiterson, Rabu 21 Desember 2022.

Lebih lanjut dikatakannya, untuk mendukung tujuan dan indikator yang tercantum pada pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals tersebut, maka diperlukan identifikasi program serta kegiatan.

BACA JUGA:   Istri Agustiar Sabran Beri Sinyal Ingin Maju di Pilkada Gunung Mas

“Tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals ini juga merupakan termasuk dalam misi-visi Bupati dan Wakil Bupati Gunung Mas, dan untuk mewujdkan TPB SDGs ini diperlukan keterlibatan berbagai pihak agar TPB-SDGs tercapai,” tuturnya.

Dijelaskanya, Indonesia berkomitmen tinggi untuk mengimplementasikan TPB-SDGs, baik di tingkat nasional maupun subnasional, bahkan hingga ke tingkat komunitas atau masyarakat.

“Tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals di Kabupaten Gunung Mas, sudah diimplementasikan dalam proses penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) tahun 2019-2024,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Pemkab Gumas Selaraskan Program untuk Meningkatkan Efisiensi Pembangunan Daerah

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Gunung Mas, Yantrio Aulia menyebutkan ada sebanyak 17 tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals.

“SDGs ini dianggap sebagai komitmen bersama seluruh negara-negara yang ada terhadap penuntasan yang dianggap sebagai masalah-masalah strategis di dunia, oleh karena itu, setiap kebijakan makro yang mempunyai dampak kepada lingkungan dan KLHS nya, dan KLHS ini sendiri dihubungkan dengan SDGs ini,” tutup Yantrio Aulia. (ale).