SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya Genap Berusia 45 Tahun, Ini Kemajuan yang Telah Dicapai

IST/BERITA SAMPIT – Suuasana Reringatan Milad ke-45 SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya

PALANGKA RAYA –  Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah 1 Palangka Raya menapaki usianya yang ke-45 tahun. Peringatan milad (ulang tahun) sekolah yang berdiri pada 12 Desember 2022 di Komplek Perguruan Tinggi Muhammadiyah, Jalan RTA Milono Palangka Raya ini ditandai dengan gelaran Bazar dan Ekspo, serta Bazar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Hadir membuka Bazar dan Ekspo  dan Bazar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila,  Wakil ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah , Dr. H. Muhammadd Yusuf, M.AP. yang juga Rektor terpilih di Universitas Muhammadiyah Palangka Raya yang menyatakan siap bersinergi kepada semua pihak untuk peningkatan kualitas pendidikan untuk siswa dan juga mahasiswa nantinya.

Ketua Panitia Drs Suroso di awal pembukaan mengatakan, kegiatan Milad yang dirangkai dengan Bazar Ekspo dimaksudkan untuk saling menyemangati di antara warga pelajar akan pentingnya kebersamaan dalam menyikapi kebinekaan, terus membangun warga belajar untuk saling menyadari pentingnya pendidikan masa depan.

Ketua Panitia juga menyampaikan terimakasih pada semua pihat yang terlibat adalam kegiatan ini terkhusus pada para donatur dan penyumbang, di antaranya Wakil Ketua II  DPRD Provinsi Kalimantan Tengah H. Jimi Carter, Wakil Ketua III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah,  Faridawati Darlan Atjeh, SE. M.M. , PT Intan Pariwara, PT Erlangga , RSI PKU Muhammadiyah,  Rektor Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, Para Alumni dan Bapak Ibu Guru semua.

Sementara itu Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya Ahmad Wahyu Cahyono menyampaikan progres kemajuan SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya di tahun 2022. Di antaranya, sekolah ini telah berhasil menjadi sekolah penggerak tentu dengan harapannya sebagai sekolah yang memberikan layanan maksimal pada penerapan Kurikulum Merdeka sesuai dengan diferensisasi peserta didik.

Sekolah ini juga berhasil menempatkan diri untuk tingkat SMA menjadi sekolah Adiwiyata Nasional  yang diberikan oleh Menteri Kehutanan  Republik Indonesia setelah sekian waktu masa pandemi  penilalain sekolah Adiwiyata sempat tertunda dua tahun.

Pada akhir tahun 2022 ini juga sekolah ini berhasil mempertahankan status Akreditasi Sekolah A (unggul) sampai dengan masa Akreditasi tahun 2027.

Disampaikan kembali Prestasi sekolah ini juga menempatkan sebagai sekolah yang aktif Literasi Nasional oleh Perpustakaan  Nasional Republik Indonesia. Prestasi di area Program kerjasama dengan Bursa Efek Indonesia dalam Galerii Infestasi Edukasi menempatkan diri di urutan ketiga  aktifitas Galeri Investasi Edukasi Kalimantan Tengah.

Sekolah Terbaik III Wajah Bahasa sekolah dan di bidang Ekstrakurikuler beberapa siswa menempatkan diri sebagai finalis dalam turnamen  Pekan Olah Raga Pelajar Nasional cabang beregu putri Pencak Silat atas nama Amalia Mustika Ratu, Nabila Rahmah dan Yuni. Finalis Olimpiade Olah Raga Nasional cabang seni silat Tungalputri atas nama Nabila Rahmah.

Sementara itu Ketua Majelis Pimpinan Muhammadiyah Kalimantan Tengah Drs. Mulyono, M.Pd berharap SMA Muhammadiyah 1 Palangka Raya dapat menjadi sekolah rujukan terutama dalam penerapan Kurikulum Merdeka menuju Profil Pelajar Pancasila yang  beriman dan taat menjalankan ibadah masing masing, Mandiri, Inovatif, Berpikir kritis dan berkebinekaan global.

Pada saat akhir kegiatan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah , H. Ahmad Saifudi, S.Pd. M.S.M. memberikan arahan dan ajakan untuk terus belajar dengan keras kepada semua siswa dan penguatan pada guru guru di sekolah ini.

Kepala Dinas sempat  mengalunkan lagu khusus diperuntukkan kepada semua ibu-ibu yang hadir dalam rangka peringatan hari Ibu yang jatuh  tanggal 22 Desember saat kegiatan, beliau yang juga alumni sekolah ini memberikan apresiasi semangat dengan membagikan dorprise kepada yang hadir.

Acara diakhiri dengan  pemotongan tumpeng, pelepasan balon tanda  kebersamaa, saling hormat menghormati pada yang lebih senior juga mengasihi pada para yunior, diakhiri ramah tamah.

(BS65)