KPU Kalteng Imbau Para Penyandang Disabilitas untuk Menggunakan Hak Pilihnya

IST/BERITA SAMPIT - Foto bersama para komisioner KPU Kalteng dengan para penyandang disabilitas

PALANGKA RAYA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalteng, Harmain Ibrahim mengimbau para penyandang disabilitas untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024.

Hal ini disampaikan saat memberikan sambutan dalam kegiatan Sosialisasi Peranan Disabilitas Dalam Pemilu 2024, di Hotel Swiss Bell Palangka Raya, Senin 26 Desember 2022.

“Pada pemilu 2024 nanti harus ramah terhadap para penyandang disabilitas. Salah satunya adalah mengenai lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS), haruslah di tempat yang mudah diakses,” ucapnya.

Ia menyebutkan, para penyandang disabilitas adalah salah satu bagian yang menjadi prioritas KPU untuk diberikan sosialisasi mengenai tahapan Pemilu 2024 dan pendidikan pemilih.

BACA JUGA:   Rakordalev Digelar Untuk Mengetahui Ketercapaian Pembangunan Daerah

Ia menambahkan, dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kalimantan Tengah tahun 2019, sebanyak 3.397 penyandang disabilitas yang terdaftar. Sementara untuk DPT 2024, KPU Kalimantan Tengah sedang melaksanakan tahapan pendataan.

“Bagi para penyandang disabilitas, tidak ada halangan dalam menyalurkan hak pilihnya dalam pemilu nanti. Para penyandang disabilitas yang terhalang oleh kondisi fisik nanti bisa dibantu dalam memberikan hak pilihnya,” jelasnya.

BACA JUGA:   Praperadilan Penahanan dan Penangkapan Candra Mulai Bergulir, Saksi Sebut Melihat Secara Langsung Kejadian

Dengan adanya beberapa kelompok atau perkumpulan penyandang disabilitas, maka bisa menjadi kekuatan atau daya tawar kepada para calon di Pemilu nanti.

“Kita berharap para calon itu bisa memperjuangkan kaum disabilitas. Serta sebaliknya, kaum penyandang disabilitas juga bisa menawarkan hal yang bisa dilakukan oleh para calon. Program apa saja yang bisa dikolaborasikan ketika sudah terpilih nanti,” lugasnya.

Selain itu, melalui sosialisasi ini, diharapkan semua masyarakat penyandang disabilitas di Kalimantan Tengah bisa memaksimalkan hak pilihnya dalam Pemilu 2024 nanti. (Hardi)