Legislator Kalteng Terima Usulan Masyarakat Pengerukan Drainase

IST/BERITA SAMPIT - Gedung Kantor DPRD Kalteng.

PALANGKA RAYA – Legislator DPRD Kalteng Maruadi mengatakan masyarakat Desa Anjir, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) mengusulkan pengerukan drainase.

Menurutnya, usulan pengerukan drainase di sepanjang ruas jalan desa Anjir perlu mendapat perhatian dari pemerintah, mengingat kelancaran drainase tersebut cukup berpengaruh terhadap sejumlah bidang seperti perekonomian dan kesejahteraan masyarakat setempat.

“Ada enam titik meliputi wilayah Kabupaten Kapuas dan Pulpis yang menjadi sasaran kunjungan saya saat melaksanakan reses perorangan. Dari enam titik tersebut ada banyak aspirasi maupun usulan yang disampaikan masyarakat, salah satunya usulan pengerukan drainase di sepanjang jalan desa Anjir,” ucapnya melalui keterangannya yang diterima Senin 26 Desember 2022.

Ia juga mengatakan bahwa pengerukan drainase bertujuan untuk mencegah terjadinya banjir saat debit air meningkat dikarenakan curah hujan tinggi. Mengingat fakta saat ini, drainase di sepanjang ruas jalan desa Anjir telah tertimbun serta jarak antara drainase dan bahu jalan cukup dekat.

“Kondisi drainase di sepanjang ruas jalan desa Anjir saat ini telah tertimbun, sehingga jarak antara drainase dan bahu jalan cukup dekat. Dikhawatirkan hal ini akan berdampak buruk apabila terjadi banjir akibat curah hujan tinggi serta berpotensi menghambat perputaran perekonomian masyarakat maupun sektor lainnya,” tegasnya.

Usulan ini, juga disampaikan kepada pemerintah khususnya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), agar segera ditindaklanjuti.

“Sudah menjadi tugas wakil rakyat untuk menyerap dan menampung aspirasi masyarakat untuk diteruskan ke pemerintah. Saya juga akan mengawal aspirasi tersebut agar bisa secepatnya direalisasikan,” tandasnya. (Hardi)