Dewan Minta Desa Kelola BUMDes untuk Kesejahteraan Masyarakat 

ISKANDAR/BERITA SAMPIT: Anggota DPRD Barito Utara Mustafa Joyo Muchtar saat reses di wilayah Kecamatan Teweh Tengah.

MUARA TEWEH – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Utara (Barut) Mustafa Joyo Muchtar meminta agar desa mengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), untuk kesejahteraan masyarakat.

“Sehingga desa tidak berpatokan dengan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD), akan tetapi desa memiliki pendapatan lain melalui BUMDes tersebut,” kata Mustafa Rabu 28 Desember 2022.

Menurutnya, masih sedikit desa yang yang ada di Bumi Iya Mulik Bangkang Turan ini mengembangkan BUMDes untuk meningkatkan PAD.

“Sedikit desa saat ini mengembangkan BUMDes untuk mendapatkan PAD, padahal setiap desa punya potensi masing-masing dan pasti ada kegiatan yang bisa dikelola melalui BUMDes tersebut,” tambahnya.

Putra kelahiran Desa Lemo II ini, menyampaikan setiap desa memiliki potensi. Tentu, tidak terlepas dari potensi sumberdaya manusia. Keberadaan potensi sumberdaya manusia dapat difungsikan dalam kepentingan pembangunan desa, salah satunya pengelolaan BUMDes.

Dia berharap agar Kepala Desa dapat mengelola BUMDes dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di desa dengan sebaiknya.

“Tentunya sangat disayangkan jika dengan besaran keuangan desa saat ini pihak desa tidak mengembangkan BUMDes, untuk pemasukan desa setempat, karena BUMDes sangat berpengaruh dalam mengembangkan pendapatan diluar dari dana yang dikucurkan oleh pemerintah pusat,” pungkasnya. (isk)