Malam Tutup Tahun, Bupati Katingan Resmikan Pemugaran Monumen Pahlawan Nasional Tjilik Riwut

ANNAS/BERITASAMPIT - Bupati Katingan Sakariyas, didampingi Wakil Bupati Katingan Sunardi N.T Litang, bersama Ketua DPRD Katingan Marwan Susanto dan unsir Forum Koordinasi Pemerintah daerah.

KASONGAN – Pemerintah Kabupaten Katingan gelar malam tutup tahun 2022 dan menyambut tahun baru 2023 bersama seluruh masyarakat di Bumi Penyang Hinje Simpei, di bundaran Patung Tjilik Riwut atau kantor Bupati Katingan, Sabtu 31 Desember 2022 malam.

Kegiatan ini dibarengi dengan pasar dan hiburan rakyat bersama artis-artis Kalimantan Tengah yaitu Bulan Triana, Chintya Sari, Devi, Artika dan Jumi serta host bersama Aan Sawung dan Hana Fira. Kemudian, diisi dengan penampilan Sanggar tari turus pambelum, seni musik karungut Inae Buhoi, Halyadi dan Budi Panggo. Malam tutup tahun juga dirangkai dengan peresmian pemugaran Monumen patung Pahlawan Nasional Tjilik Riwut.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Katingan Sakariyas dan Sunardi N.T Litang selaku Wakil Bupati Katingan, beserta keluarga dan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Katingan, menyampaikan selamat merayakan natal bagi seluruh umat kristiani dan selamat memasuki tahun baru 2023.

“Semoga kita semua diberkati dengan damai Natal yang tiada hentinya, Kabupaten Katingan dipenuhi dengan kehangatan dan cinta kasih serta berkat Tuhan yang maha kuasa terus tercurahkan kepada kita, seluruh rakyat Kabupaten Katingan,” jelasnya.

Sakarias mengatakan, bahwa perjalanan selama tahun 2022 sungguh sangat berarti. Dirinya dan Sunardi N.T Litang ingin menyampaikan rasa hormatnya atas berkat kepercayaan, doa, dan harapan dari seluruh masyarakat Kabupaten Katingan.

“Dari relung hati yang paling dalam, kami haturkan terima kasih dan penghargaan yang setulustulusnya, telah memberikan kepercayaan kepada kami memimpin masyarakat Kabupaten Katingan selama ini,” ungkapnya.

Lanjutnya menambahkan, pada perayaan tutup tahun 2022 ini agak berbeda dengan biasanya karena dilaksanakan di bundaran kantor Bupati Katingan bersamaan dengan peresmian pemugaran monumen Pahlawan Nasional Tjilik Riwut. Patung monumen Pahlawan Nasional Tjilik Riwut dibangun pada tahun anggaran 2007 dan diresmikan tahun 2008. Pada tanggal 18 Juni 2022 lalu patung tersebut roboh dan dibangun kembali dengan anggaran rehab pondasi Rp400.000.000 dan bangunan patung Rp1.500.000.000. Terkait pembahasan pemugarannya sudah dirapatkan 11 Juli 2022 yang juga mengundang anak dan keturunan tjilik riwut.

“Bangunan baru ini akan lebih kokoh dan terbuat dari perunggu serta dibentuk utuh satu badan. Ini menjadi kebanggaan untuk kita bahwa Pahlawan Nasional Tjilik Riwut merupakan putra katingan yang lahir di kasongan pada tanggal 2 Februari 1918 dan Gubernur pertama Kalteng yang dianugerahi gelar oleh masyarakat Kewedaan Sampit Timur (Kasongan) yaitu anak nyaru hapatar batu antang liang habalah kilat yang berarti dewa petir bertanggan batu, burung elang berambut kilat. Pembangunan ini salah satu bentuk penghargaan dan mengenang beliau atas segala jasa-jasanya,” pungkasnya.

(annas)