Mahasiswa FKIP UHO Bantu Masyarakat Manfaatkan Koran Bekas jadi Kerajinan Bernilai Jual Tinggi

IST/BERITA SAMPIT - Mahasiswa Pendidikan Ekonomi FKIP UHO foto bersama masyarakat selepas pelatihan pemanfaatan koran bekas

KENDARI – Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, melakukan pelatihan pemanfaatan koran bekas menjadi kerajinan bernilai jual tinggi kepada masyarakat di Kelurahan Anggoya, Kecamatan Poasia, Kota Kendari, pada bulan Desember lalu.

Rahmad Fahril, salah satu mahasiswa Pendidikan Ekonomi UHO yang bergabung dalam tim/kelompok pelatihan mengungkapkan, bahwa pemanfaatan limbah sampah koran di daerah Anggoya selama ini dikelola dan dijual sebagai bahan bacaan.

“Kondisi ini sangat kami sayangkan, padahal jika dimanfaatkan sebagai barang jadi, nilai ekonominya pasti sangat tinggi di pasaran,” ujar Rahmad Fahril, kepada Berita Sampit, Senin, 2 Januari 2023.

Menurut dia, dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan peluang wirausaha dibidang kerajinan koran.

“Dengan begitu permintaan koran akan meningkat dan kemungkinan perusahaan kembali beroprasi,” timpal Sisca, yang juga salah satu anggota tim pelatihan.

Pelatihan yang digelar mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi UHO merupakan salah satu kegiatan pengabdian masyarakat berbasis pemberdayaan manusia dan sumber daya alam yang sangat melimpah.

Sementara itu, Dr. Rizal, S.Pd., Dosen Jurusan Pendidikan Ekonomi UHO M.Hum mengatakan, pelatihan yang digelar mahasiswa tersebut adalah bagian dari pembelajaran kampus merdeka dan merdeka belajar.

“Dimana mahasiswa tidak hanya belajar konsep dan teori tetapi mereka harus belajar dari berbagai sumber, termasuk belajar dari lingkungan dan pengalaman di lapangan atau masyarakat,” jelas Dr.Rizal.

Dr.Rizal menambahkan, hasil dari belajar tersebut harus diaktualisasikan pada riset, meskipun riset yang sederhana dan juga disosialisasikan diberbagai media, baik cetak, elekteronik maupun media online termasuk youtube dan media sosial lainya.

(rahul)