Masyarakat Diingatkan Waspada Kerawanan di Tahun Politik

NARDI/ BERITA SAMPIT- Kapolres Kotim AKBP Sarpani saat diwawancarai 

SAMPIT – Kapolres Kotim AKBP Sarpani menyampaikan potensi kerawanan yang terjadi 2023. Berbagai bidang mulai dari politik, ekonomi, sosial bidaya dan keamanan.

Diantaranya 2023 merupakan tahun politik sehingga suhu politik akan meningkat menjelang pemilu 2024, rawan akan politik identitas dan rawannya politik SARA.

“Kami harapkan menjelang pemilu tidak ada praktik politik identitas maupun politik SARA,” ungkapnya, Minggu 1 Januari 2023

Ia melanjutkan dalam bidang ekonomi Polres Kotim menilai masih tingginya angka inflasi, dan potensi resesi dunia yang dapat menyebabkan PHK besar-besaran berdampak pada aksi demo dan kriminalitas meningkat.

“Cuaca ekstrim juga diprediksi terjadi yang membuat distribusi bahan pokok menjadi terhambat khusunya ke wilayah Kotim dan menyebabkan harga naik dan barang langka,” ungkapnya.

Sedangkan dalam bidang sosial dan budaya, rawannya kegiatan masyarakat yang ditumpangi kepentingan politik karena bersamaan masa kampanye.

“Masih banyaknnya konflik masyarakat dengan perusahaan dengan mengatasnamakan adat,” imbuhnya.

Dan bidang keamaan akan meningkatnya pencurian buah sawit yang dilatarbelakangi oleh susahnya mencari pekerjaan. Mahalnya buah sawit dan belum selesainya tuntutan masyarakat ke perusahaan.

“Meningkatnya tindak kejahatan konvensional, meningkatnya kejahatan trans nasional,” ujarnya.

Dirinya menyampaikan Polres Kotim akan selalu siap dalam mengamankan situasi dan kondisi demi keselamatan dan keamanan masyarakat.

(Nardi)