Juni Gultom Raih Penghargaan Penggagas Program Konsorsium Infrastruktur 

IST/BERITA SAMPIT – Tampilan penghargaan sebagai Inovator dalam meningkatkan pelayanan publik tahun 2022 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

PANGKALAN BUN – Plt Sekda Kotawaringin Barat (Kobar) Juni Gultom, pada tanggal 21 Desember 2022 lalu, berhasil meraih penghargaan sebagai Inovator dalam meningkatkan pelayanan publik tahun 2022.

Juni Gultom mengatakan, penghargaan yang diberikan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ini, merupakan sebuah pengakuan yang dilakukan pemerintah daerah Kobar dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Dalam Kompetensi inovasi pelayanan publik tahun 2022, Pemerintah daerah Kobar masuk dalam Top 45 Pelayanan Publik Tahun 2022, sebuah penghargaan atas pembiayaan infrasktruktur di masa Pasca Pandemi Covid-19,” kata Juni Gultom, Rabu 4 Januari 2023.

Sementara itu, lanjut Juni Gultom, dirinya pun menerima penghargaan berkaitan dengan invator (Penggagas ide) dari Kementrian PANRB, diakuinya program peningkatan infrastruktur, terutama jalan penghubung antar desa, merupakan tugas penting yang harus di selesaikan oleh pemerintah, karena itu merupakan kebutuhan dasar masyarakat.

BACA JUGA:   Inilah 30 Caleg DPRD Kobar Terpilih Periode 2024-2029

“Sisi lain, pemerintah daerah sangat terbatas anggarannya, sehingga pada tahun 2017 tepatnya di bulan Agustus, lahirlah program konsorsium jalan yang melibatkan perusahaan, dalam program ini kolaborasi antara pemerintah daerah dan pihak perusahaan melalui dana CSR (Corporate Social Responsibility),” ucapnya.

Menurut Juni Gultom, dalam Undang Undang pun telah di tetapkan, pihak perusahaan memilki kewajiban dalam meningkatkan pembangunan di areal sekitar tempat usahanya. Atas dasar itulah, penerapan program konsorsium infrasktruktur pun melibatkan beberapa perusahaan, dan perjanjian luasan pekerjaan pun di tuang dalam MoU.

BACA JUGA:   Sampaikan LKPJ TA 2023, Pj Bupati Ungkapkan Pertumbuhan Ekonomi di Kotawaringin Barat Semakin Meningkat

Inovasi pelayanan publik ini menurut Juni Gultom, dipersembahkan bukan saja untuk Kobar, secara umum Kalimantan Tengah. Inovasi ini merupakan wujud dari membangun Indonesia dari Desa.

“Saya sangat bersyukur, inovasi ini pun banyak di adopsi oleh Kabupaten bukan saja dari Kalteng saja, akan tetapi banyak daerah lainnya di luar Kalteng, melakukan hal yang sama,beberapa daerah pun banyak melakukan kaji banding ke Kobar , Untuk menggali perihal program konsorsium infrasktruktur ini,” pungkas Juni Gultom. (Man)