Polres Gumas Tingkatkan Keterampilan Pengendalian Massa

IST/BERITA SAMPIT - Personel Polres Gunung Mas saat melakukan pelatihan tingkatkan keterampilan Pengendalian Massa.

KUALA KURUN – Polres Gunung Mas (Gumas) menggelar pelatihan pengendalian massa (Dalmas) untuk meningkatkan keterampilan pengendalian massa dan profesionalitas personil saat bertugas serta mengantisipasi terjadinya kerawanan Kamtibmas

Pada latihan yang dilaksanakan di halaman Apel Tantya Sudhirajati para personil mendapat arahan dan teori dasar yang disampaikan oleh Kasat Samapta Iptu A.A. Gede Raka Sumiartha bersama Kanit Dalmas.

Terlihat puluhan personil Polres Gunung Mas yang terdiri dari seluruh satuan fungsi melaksanakan gerakan Dalmas dengan tameng serta tanpa tameng.

BACA JUGA:   Pengurus DPD KNPI Gunung Mas Masa Bakti 2024-2027 Dilantik

Kapolres Gunung Mas, AKBP Irwansah melalui Kasat Samapta, Iptu A.A. Gede Raka Sumiartha mengatakan tujuan dari pelatihan ini selain meningkatkan kemampuan, juga untuk meningkatkan fisik dan kekompakan dalam melaksanakan pengamanan unjuk rasa guna menciptakan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat.

“Ada beberapa materi dalam hal pengendalian massa diantaranya, Dalmas lanjut disesuaikan dengan peragaan formasi Dalmas diantaranya, sikap siaga, sikap tempur, dorong maju, desak maju, sikap berlindung dan sikap dorong maju,” ungkap Iptu A.A. Gede Raka Sumiartha, Rabu 4 Januari 2023.

BACA JUGA:   Sebagai Putra Daerah, Untung Jaya Bangas Bakal Maju Pilkada Gunung Mas 2024

Lebih lanjut dikatakannya, selain meningkatkan kemampuan, latihan dalmas yang diberikan ini juga bertujuan agar personil mampu memberikan penanganan yang tepat serta menghindari kesalahan prosedur di lapangan sekaligus untuk melatih fisik serta kesiapan personel pada saat menghadapi unjuk rasa yang sebenarnya.

“Diharapkan dengan latihan ini secara rutin setiap anggota Polres Gunung Mas selalu siap jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Kemampuan Dalmas juga merupakan kemampuan utama bagi setiap anggota Polri,” tutupnya. (Ale)