Warga Heboh Buaya Muara Kembali Muncul di Sungai Mentawa

Petugas BKSDA bersama Manggala Agni memasang jerat buaya di Sungai Mentawa Sampit.

SAMPIT – Warga sekitar Sungai Mentawa, Kelurahan Ketapang Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur dihebohkan dengan munculnya buaya jenis muara sepanjang 1 meter.

“Kami pernah lapor ke kelurahan melalui staf kelurahan, tapi mereka minta foto buaya yang sering timbul gitu nah,” kata Suhaini, salah satu warga Mentawa Baru Ketapang, Selasa, 3 Januari 2022.

Warga mengaku buaya ini sudah sering muncul di sekitar Sungai Mentawa terutama saat cuaca panas, apalagi lokasi kemunculan buaya merupakan tempat yang anak-anak sering berenang. Sehingga dikhawatirkan dapat membahayakan.

“Buayanya ada, kalau panas naik berjemur, karena beberapa kali saya pernah melihat ukuranya kurang lebih satu meter lah,” ungkapnya.

Di lokasi yang sama Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) dibantu Manggala Agni telah memasang jerat buaya.

“Kami memasang dua jaring dan satu set jerat, ini merupakan tindak lanjut laporan warga terkait kemunculan buaya di Sungai Mentawa yang berjenis muara dengan ukuran satu meter,” ujar Komandan BKSDA Pos Sampit, Muriansyah.

Menurutnya buaya masih berkeliaran di sekitar Sungai Mentawa tersebut. Disebabkan karena terdapat makanan atau bangkai binatang yang di buang masyarakat di Sungai Mentawa tersebut.

“Kemungkinan buaya masih di sekitar sungai tidak jauhnya dari tempat kemunculannya, karena saya melihat disini banyak pakan dari sampah masyarakat atau bangkai binatang yang dibuang di sini,” pungkasnya. (Ibra).