Delapan Tahun Berita Sampit, Hadir Jadi Teman Bukan Algojo yang Membinasakan

NACO / BERITA SAMPIT - Pemimpin Redaksi Berita Sampit, Nako, S.Kom.

Oleh: Nako, S.Kom (Pemred Berita Sampit)

HARI ini genap delapan tahun Berita Sampit hadir di tengah-tengah masyarakat Kalimantan Tengah, sejak berdiri pada 7 Januari 2015.

Merintis dengan mengelola media ini bersama sejumlah wartawan yang ada di Kota Sampit hingga akhirnya Berita Sampit mampu menunjukkan konsistensinya, melebarkan sayap ke seluruh daerah yang ada di Kalimantan Tengah.

Ada 21 wartawan Berita Sampit yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Kalimantan Tengah, Jakarta dan Bima dan semua wartawan sudah dinyatakan kompeten melalui uji kompetensi wartawan (UKW).

Bahkan akhir 2022 tadi Berita Sampit mengirim dua wartawan untuk mengikuti UKW jenjang Muda di Palangka Raya dan alhamdulillah oleh penguji dinyatakan kompeten.

Berita Sampit akan terus berkomitmen mengikutsertakan wartawanya untuk mengikuti uji kompetensi wartawan hingga ke jenjang Utama, sehingga hadirnya Berita Sampit yang diisi wartawan-wartawan kompeten tidak diragukan lagi oleh masyarakat hingga pemerintah.

Pasang surut juga sudah dirasakan Berita Sampit dalam mengarungi arus perkembangan dunia media di tengah hadirnya persaingan berbagai media-media online saat ini.

Namun hingga saat ini Berita Sampit mampu bertahan dan tetap berdiri kokoh memberikan berbagai informasi yang cepat, inspiratif dan berkarakter.

Syukur Alhamdulillah hingga saat ini Berita Sampit sudah dikenal secara luas. Ini adalah spirit bagi kami selama ini yang tidak akan lelah dan menyerah sampai kapanpun memberikan informasi yang terbaik bagi masyarakat.

Kami juga yakin tantangan dan masalah yang kami hadapi selama ini akan jadi bahan bakar untuk menuju sebuah kesuksesan.

Hingga kini kami juga tetap berdiri sebagai media yang akan terus mendukung program pembangunan di seluruh daerah di Kalimantan Tengah dengan sajian berita-berita terpercaya dan akurat, namun di sisi lain kami yakin kritikan yang muncul dalam pemberitaan Berita Sampit selama ini tidak dimaknai sebagai langkah dan upaya untuk menjatuhkan.

Karena kami yakin pemerintah yang paham akan hadirnya media melalui wartawan yang kompeten tentunya akan mendukung setiap pemberitaan yang nafasnya hadir untuk kemajuan pembangunan.

Saat ini bukan lagi Orde Baru, kejadian atau peristiwa tentu tidak lepas dengan sorotan kami dan tentunya disadari pasti akan berimbas, namun jangan sampai disalahtafsirkan itu sebuah upaya untuk menjatuhkan. Itu semata-mata ruang bagi pers melalui Berita Sampit bahwa saat ini informasi publik sudah terbuka secara luas.

Berita Sampit selama ini hadir dengan gaya dan cara pemberitaannya dalam menanggapi setiap peristiwa-peristiwa sesuai dengan jati diri kami.

Sebagai nahkoda kapal (Berita Sampit) kami akan tetap konsisten berjalan beriringan dengan pemerintah sepanjang apa yang dilakukan untuk kepentingan dan kemaslahatan masyarakat banyak, sebaliknya pula kami siap memberikan ruang kepada masyarakat untuk selalu aktif memberikan kritikan membangun bagi daerah.

Karena hadirnya Berita Sampit akan menjadi teman yang sesungguhnya dan tidak akan jadi algojo untuk membinasakan.

“Orang yang mau menunjukkan di mana letak kesalahanmu, itulah temanmu yang sesungguhnya. Sedangkan mereka yang hanya menyebar omong kosong dengan selalu memujimu, mereka sebenarnya adalah para algojo yang justru akan membinasakan mu,” kata Umar bin Khattab.

Kata-kata dari Umar bin Khattab inilah yang selama ini jadi pedoman kami untuk melangkah demi kemajuan sebuah daerah melalui dukungan pemberitaan.

Seperti yang dikatakan Thomas Jefferson juga Pers adalah instrumen paling baik dalam pencerahan dan meningkatkan kualitas manusia sebagai makhluk rasional, moral dan sosial.

Meski banyak orang mengaggap pekerjaan kami adalah pekerjaan mudah tapi banyak yang lupa dengan perjuangan kami mulai dari mengumpul data, informasi akurat bahkan hingga turun ke pelosok dengan penuh resiko hingga disajikan dalam sebuah berita.

Apa yang kami lakukan selama delapan tahun ini besar harapan bisa memberikan banyak manfaat bagi masyarakat luas.

Dirgahayu Berita Sampit yang ke-8 Tahun  (7 Januari 2015 -7 Januari 2023) tetaplah memberikan informasi yang positif kepada masyarakat Kalimantan Tengah.(Berita Sampit)