Kotim Pertahankan Predikat UHC Program JKN pada Tahun 2023

IST/BERITASAMPIT - Bupati Kotawaringin Timur, Halikinnor (tengah) saat menerima penghargaan predikat Universal Health Coverage (UHC) kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diserahkan oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sampit Budi Sukwara (kanan baju hitam).

SAMPIT – Pemerintah Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), terus berkomitmen memberikan layanan Kesehatan yang berkualitas bagi masyarakat, hal tersebut dibuktikan dengan tetap menjaga dan mempertahankan predikat Universal Health Coverage (UHC) kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) pada tahun 2023.

Bupati Kotaim Halikinnor menyampaikan bahwa pemerintah daerah akan terus membuka akses layanan Kesehatan bagi masyarakat, sehingga masyarakat tetap dapat memanfaatkan layanan kesehatan secara merata dan tidak adalagi masyarakat yang terbebani dengan kendala biaya kesehatan, karena semua sudah ditanggung oleh program JKN.

“Kita telah meraih predikat UHC kepesertaan program JKN sejak tahun 2018 dengan kepesertaan di atas 95 persen, sudah kurang lebih empat tahun predikat tersebut didapat oleh Kabupaten Kotim, kami dari pemerintah daerah akan terus berusaha mempertahankan status tersebut, sehingga dapat terus membantu masyarakat,’’ jelas Halikinnor, Sabtu 7 Januari 2023.

BACA JUGA:   Begal Bersajam Ternyata Residivis, Ini Sederet Kasusnya

Orang nomor satu di Kotim itu juga menambahkan pemerintah daerah berterimakasih kepada jajaran tenaga Kesehatan yang telah memberikan layanan terbaiknya kepada masyarakat Kabupaten Kotim, serta pihaknya juga berkomitmen untuk terus memenuhi pembiayaan jaminan kesehatan melalui program JKN BPJS Kesehatan. Karena menurutnya program JKN BPJS Kesehatan manfaatnya telah banyak dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat dengan motto Bumi Habaring Hurung ini.

Sementara itu Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sampit, Budi Sukwara menyampaikan dengan dukungan penuh dari pemerintah Kabupaten Kotim tersebut, pihaknya juga akan terus berkomitmen melayani dengan baik agar masyarakat benar-benar merasakan manfaat yang diterima, sehingga dapat bersama-sama dalam berkolaborasi mewujudkan jaminan Kesehatan yang berkualitas dan berkesinambungan bagi masyarakat.

BACA JUGA:   Sejumlah Nama Dinilai Berpeluang Sebagai Bakal Calon Wakil Bupati Kotim

“Tentunya kita berterimakasih kepada jajaran pemerintah daerah serta DPRD yang telah terus mendukung keberlangsungan program JKN di Kabupaten Kotim. Sebagai pihak penyelenggara Program JKN, BPJS Kesehatan terus berkomitmen menghadirkan kemudahan kepada masyarakat, seperti sistem antrean dan rujukan online, berobat menggunakan NIK, program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) serta Program Rujuk Balik (PRB),’’ ucap Budi Sukwara.

Sebagai informasi sampai dengan Januari 2023 Kepesertaan Program JKN BPJS Kesehatan di Kabupaten Kotawaringin Timur telah mencapai 99.09 persen dari total penduduk sebanyak 413.729 Jiwa. (baim/adv).