Masyarakat Kotim Patut Berbangga, Industri Pengolahan Padi Modern Akan Dibangun

NARDI/BERITA SAMPIT- Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo saat menjadi Inspektur Upacara HUT ke-70 Kotim.

SAMPIT – Pelaksanaan Upacara Peringatan HUT – Ke 70 Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dihadiri Wakil Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) Edy Pratowo, sekaligus menjadi inspektur upacara, Sabtu 7 Januari 2023.

Edy Pratowo menyampaikan, Pemprov Kalteng berencana akan membangun industri mesin pengolahan padi modern di Kotim demi menjaga ketahanan pangan nasional khususnya wilayah Kalteng.

“Program Pemprov rencananya akan dibangun Rice Milling Unit di Kotim dan hal ini merupakan suatu bentuk kebanggaan masyarakat Kotim di ulang tahun ke-70 Kotim ini,” ujarnya.

BACA JUGA:   Menuju Pilkada Kotim, Halikinnor-Fajrurrahman Hingga Rudini Gandeng Jhon Krisli Sudah Ramai Diperbincangkan

Dia menjelaskan, hal tersebut demi menjaga ketahanan pangan produksi padi di daerah Kalteng, perlu kolaborasi dan sinergi berbagai pihak, bersama-sama untuk mengatasi berbagai tantangan di 2023 mendatang.

“2023 sejumlah tantangan sulit diprediksi akan terjadi seperti resesi, inflasi, krisis energi dan kondisi global tidak menentu, serta pandemi belum berakhir sepenuhnya sehingga kita harus tetap menjaga kesehatan,” ujarnya.

Diharapkan Kotim dapat meningkatkan daya saing UMKM dan mendorong pertumbuhan ekonomi serta penyerapan tenaga kerja.

BACA JUGA:   Investasi di Kalteng Mencapai 19 Triliun

Diharapkan Kotim semakin maju, meningkatkan pelayanan publik dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Sementara itu, setelah dicabutnya PPKM maka hari jadi Kotim bisa terselenggara dengan khidmat dan meriah tak seperti tahun-tahun sebelumnya saat wabah covid-19 melanda, kerumunan dibatasi.

Harus diresapi makna dalam HUT Kotim ini sebagai momentum optimisme meningkatkan semangat persatuan dan gotong royong untuk membangun Kotim. Pulih cepat bangkit kuat kotim khususnya serta Kalteng umumnya. (Nardi).