Pengadilan Negeri Sampit Buka Layanan PTSP di Mal Pelayanan Publik

IST/BERITA SAMPIT- Gerai layanan Pengadilan Negeri Sampit terletak di lantai 2 Gedung Mal Pelayanan Publik Habaring Hurung yang beralamatkan di Jalan MT Haryono Sampit.

SAMPIT – Mal Pelayanan Publik (MPP) Habaring Hurung Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) telah diresmikan oleh Bupati Kotim Halikinnor, pada Sabtu tanggal 7 Januari 2023, dalam peresmian itu turut hadir Ketua Pengadilan Negeri Sampit, Febri Purnamavita.

Guna meningkatkan efektivitas, efisiensi dan kualitas pelayanan publik, Pelayanan Terpadu Satu Pintu Pengadilan Negeri Sampit juga turut berpartisipasi dengan program penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik (MPP).

“Adapun gerai layanan Pengadilan Negeri Sampit terletak di lantai 2 Gedung Mal Pelayanan Publik Habaring Hurung yang beralamatkan di MT Haryono Sampit,” kata Febri pada Minggu, 8 Januari 2022.

BACA JUGA:   Instruksi Bupati Tak Dihiraukan THM Sampit, Bulan Suci Ramadan Tetap Buka

Febri menyampaikan adapun pemberian layanan yang tersedia adalah tiga Jenis, pertama Layanan Informasi yang terdiri dari Konsultasi atau Advis Hukum, Informasi pembuatan Surat Keterangan melalui aplikasi Era Terang, Informasi Pendaftaran Perkara melalui e-Court, informasi Proses Persidangan melalui e-Court, dan Permohonan Informasi Publik

Sebagaimana diatur dalam Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor 2-144/KMA/SK/VIII/2022 tentang Standar Pelayanan Informasi publik di Pengadilan.

BACA JUGA:   Galian C Beroperasi di Sekitar Perkebunan Kelapa Sawit, Warga Minta Pemerintah dan Penegak Hukum Turun Tangan

Jenis layanan kedua adalah Layanan Era Terang, yatu pembuatan Akun pada aplikasi Era Terang untuk pembuatan Surat Keterangan dan Penginputan Data Pemohon pada Aplikasi.

Dan yang ketiga adalah Pembuatan Akun aplikasi e-Court pengguna lain dan Pendaftaran Akun melalui e-Court bagi pengguna lain.

Ketua Pengadilan Negeri Sampit menyampaikan terima kasih dan ucapan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Kotim yang telah memfasilitasi dan meresmikan MPP Habaring Hurung bertepatan dengan hari jadinya Kabupaten Kotawaringin Timur yang Ke-70. (Nardi).