TNI Imbau Masyarakat Kecamatan Manuhing Stop Karhutla

IST/BERITA SAMPIT -  Spanduk imbauan stop Karhutla

KUALA KURUN – Komando Rayon Militer (Koramil) 1016-04/Manuhing, Kodim 1016/Palangka Raya bersama masyarakat melaksanakan pemasangan spanduk imbauan “Stop Kebakaran Hutan Dan Lahan (Karhutla)” di wilayah binaannya, di Kecamatan Manuhing, Kabupaten Gunung Mas Kalimantan Tengah (Kalteng), Minggu 8 Januari 2023.

Hal tersebut selaras dengan penekanan Dandim 1016 Palangka Raya, Kolonel Inf Frans Kishin Panjaitan, beberapa waktu yang lalu, melalui instruksi kepada jajarannya untuk segera melaksanakan imbauan, sosialisasi Karhutla di wilayah binaan masing-masing.

Menindak lanjuti perintah tersebut, Danramil 1016-04/Manuhing, Lettu Cpl Apollo Darmawan, memerintahkan para Babinsa untuk melaksanakan pemasangan spanduk imbauan sebagai upaya mengantisipasi dan mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kecamatan Manuhing.

“Pemasangan imbauan pencegahan karhutla ini adalah upaya memberi peringatan kepada masyarakat mengenai daerah-daerah yang rawan terjadinya kebakaran,” ungkap Lettu Cpl Apollo Darmawan.

Lebih lanjut dikatakannya, dalam mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, personil tidak hanya memasang spanduk himbauan, tetapi para Babinsa yang bekerjasama dengan instansi terkait juga rutin melaksanakan sosialisasi, patroli mulai dari tingkat Desa hingga tingkat Kecamatan.

“Kita akan selalu berupaya memaksimalkan pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah teritorial Koramil Manuhing,” tuturnya.

“Saya berharap dengan dipasangnya spanduk imbauan ini akan mengurangi dan menghentikan terjadinya Karhutla di wilayah Kodim 1016 Palangka Raya, khususnya wilayah Koramil Manuhing,” sambung Lettu Cpl Apollo Darmawan. (ale)