DPRD Minta Pemkab Mura Perbanyak Tempat Pembuangan Sampah

LULUS/BERITA SAMPIT- Rabul Yakin, Amd Kep saat pidato beberapa waktu lalu.

PURUK CAHU – Anggota DPRD Murung Raya dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Rabul Yakin meminta kepada pemerintah daerah untuk menambah atau memperbanyak Tempat Pembuangan Sampah (TPS) di beberapa tempat, khususnya di Kota Puruk Cahu dan sekitarnya.

“Kenapa kita meminta untuk memperbanyak TPS, karena masih ada warga masyarakat yang kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan di sekitarnya. Hasil pantauan langsung di lapangan di beberapa tempat di pinggiran dalam Kota Puruk Cahu maupun di komplek perumahan, masih terlihat tumpukan sampah yang berserakan,” kata Rabul, Selasa 10 Januari 2023.

Selain itu juga, Kata Rabul, agar pemerintah daerah membuat peraturan atau regulasi terkait peraturan pembuangan sampah baik di TPS lingkungan, sementara dan TPA. Bahwa kesadaran akan kebersihan dapat dimulai dari hal kecil dalam keluarga.

“Dengan lingkungan yang bersih dan indah saya yakin masyarakat akan terbebas dari penyebaran penyakit demam berdarah dan lainnya. Namun  masih ada saja yang membuang sampah disembarang tempat atau tidak pada tempatnya,” ungkapnya.

Untuk itu, ia berharap kesadaran dari warga masyarakat perlu ditingkatkan lagi dan selalu peduli akan kebersihan lingkungan sekitarnya.

“Mengingat, saat ini cuaca sering turun hujan, yang dikhawatirkan akan menimbulkan bibit bibit penyakit dan bisa mengakibatkan banjir bila sampah dibuang di selokan atau parit. Untuk itulah, perlu kesadaran dari masyarakat di daerah ini,” pungkasnya. (Lulus)