Kemasan Kurang Menarik Jadi Kendala Pengembangan UMKM di Sukamara 

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Sukamara Iswan Gemayana

SUKAMARA – Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Sukamara Iswan Gemayana mengatakan bahwa dalam pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terdapat beberapa kendala yang menghambat untuk peningkatan kualitas produk.

Salah satu yang masih menjadi kendala menurut Iswan Gemayana adalah pengemasan produk olahan UMKM yang masih dianggap kurang menarik dan terlalu monoton.

“Untuk packing masih belum menarik ya kalau untuk produk UMKM kita,” kata Iswan Gemayana, Selasa 10 Januari 2023

BACA JUGA:   Pentingnya Ubah Paradigma Pengolahan Sampah Jadi Pengurangan di Sumber dan Daur Ulang Sumber Daya

Iswan Gemayana menerangkan bahwa pihaknya sampai saat ini masih berusaha agar kemasan produk UMKM Sukamara bisa semakin menarik dengan memberikan berbagai pelatihan dan sosialisasi kepada pelaku usaha terkait pentingnya kemasan yang menarik.

“Kalau produk lain yang kita lihat, isinya sama saja bahkan biasa saja tapi bagus dalam pengemasan itu hak pertama yang menarik minat orang untuk membeli,” terang Iswan Gemayana.

BACA JUGA:   Pj Bupati Sukamara Kukuhkan Forum Peduli Masyarakat

Sementara itu, Wakil Bupati Sukamara Ahmadi mengharapkan dan mengimbau para pengusaha swasta dan perbankan untuk membantu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Hal itu diungkapkan Ahmadi agar UMKM di Kabupaten Sukamara terbantu dengan berbagai bantuan dan program dari Perusahaan dan perbankan yang ada diwilayah Sukamara.

“Untuk perbankan bisa memberikan kredit usaha rakyat atau kur yang bunganya rendah dan tidak membebankan,” tegas Ahmadi. (enn)