Dewan Soroti Fasilitas Umum Kurang Mendapatkan Perawatan Pemda

LULUS/BERITA SAMPIT- Kondisi Stan Alun-alun Jorih Jerah Puruk Cahu belum mendapatkan perawatan dari Pemda setempat.

PURUK CAHU – Ketua Komisi I DPRD Murung Raya Tuti Marheni mengatakan, di balik banyaknya fasilitas umum yang dibangun menambah beban pemeliharaan dan perawatan. Hal ini harus dipikirkan dengan alokasi anggaran yang memadai.

“Karena saya melihat banyak fasilitas umum yang kurang mendapat perawatan dengan baik, sehingga dalam waktu yang singkat sudah rusak dan ada juga yang sengaja dirusak oleh oknum tidak bertanggung jawab. Dalam hal ini tentu pemeliharaan dan perawatan harus dilakukan,” tutur Tuti, Rabu 11 Januari 2023.

Menurut dia, saat ini banyak fasilitas umum yang sudah digunakan dan bermanfaat bagi aktivitas masyarakat. Namun, ada juga oknum masyarakat yang sengaja merusak fasilitas yang ada, namun ada juga fasilitas yang sengaja tidak dipelihara dan terkesan ditelantarkan.

Sehingga, ia meminta agar pemerintah segera melakukan sistem pemeliharaan fasilitas umum yang ada karena kurang dilakukan selama ini. Pemerintah juga diharap menyiapkan anggaran yang memadai untuk pemeliharaan sebuah fasilitas.

“Sangat disayangkan fasilitas yang megah namun tidak dipelihara dengan baik, bahkan terkesan ditelantarkan. Untuk itu, Pemerintah jangan hanya pandai membangun namun juga harus memikirkan bagaimana pemeliharaan dan perawatan fasililitas umum dengan baik agar bisa dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama,” tuturnya.

Ia mengambil contoh, Alun Alun Jorih Jerah yang saat ini tampak kurang dipelihara dengan baik, terlihat dari banyaknya sampah yang berserakan, rumput ilalang yang tidak dipelihara dan ada kerusakan pada beberapa bagian bangunan.

Padahal jelasnya fasilitas alun alun tersebut adalah ikon Kota Puruk Cahu yang saat ini sering dimanfaatkan oleh masyarakat baik untuk rekreasi maupun berolah raga. Kalau tidak dipelihara dengan baik, maka tentu alun alun tidak akan menarik lagi bagi masyarakat dan ditinggalkan.

“Saya harapkan agar sejumlah fasiltas umum mendapat perhatian, masing masing SKPD yang mengelola harus bertanggung jawab dan melakukan pemeliharaan dengan baik. Jangan ditelantarkan bahkan diabaikan,” pungkasnya. (Lulus)