Syukuran Laut di Sukamara Sebagai Ungkapan Rasa Syukur

ENN/BERITA SAMPIT - Nelayan yang mengikuti proses tabir bunga di muara Sungai Jelai berebut air doa yang akan disiramkan ke kapal mereka.

SUKAMARA – Kecamatan Jelai Kabupaten Sukamara menggelar Syukuran Laut ke-17 yang dipusatkan di Kelurahan Kuala Jelai, Kamis 19 Januari 2023.

Kegiatan yang setiap tahun digelar itu merupakan sebuah ungkapan rasa syukur terhadap tuhan atas segala nikmat serta rezeki dari limpahan hasil laut yang didapat oleh masyarakat pesisir selama setahun lalu.

Syukuran Laut diawali dengan pembacaan doa yang dilakukan oleh pemuka agama Kelurahan Kuala Jelai dan dilanjutkan dengan penaburan bunga dan beras kuning di muara Sungai Jelai yang mearah ke Laut Jawa.

BACA JUGA:   WBP Beragama Kristen Rutin Ikuti Kegiatan Pembinaan Kerohanian

Kegiatan penaburan bunga dilakukan pertama kali oleh Bupati Sukamara Windu Subagio dilanjutkan Wakil Bupati, Ahamdi serta Forkopimda yang ikut serta dalam kegiatan tersebut.

Windu Subagio mengatakan bahwa kegiatan yang sudah menjadi agenda tahun tersebut, selain sebagai ungkapan terimakasih juga mengingatkan masyarakat untuk selalu bersykur atas apa yang telah didapat selama ini.

BACA JUGA:   Tetap Sehat dan Produktif di hari Tua dengan program JKN

“Kita harus terus bersyukur, terlepas dari akhir tahun lalu dimana cuaca cukup tidak bersahabat, tapi kita selalu dilimpahi hasil laut yang dapat menjadikan Sukamara sebagai wilayah penghasil ikan,” jelas Windu Subagio.

“Kita berharap di tahun ini, hasil tangkapan nelayan Kecamatan Jelai semakin meningkat dan berlimpah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat,” harap Windu Subagio. (enn).