OPD dan BUMD Sumut Siap Sukseskan HPN 2023

IST/BERITA SAMPIT - Rapat Panitia Daerah HPN 2023, di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30, Medan, Sabtu 21 Januari 2023. 

MEDAN – Seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dan Pimpinan BUMD setempat siap menyukseskan penyelenggaraan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 dan menjadi penanggung jawab pendampingan para tamu atau Laison Officer (LO), pada event nasional  yang dilaksankan pada 7-12 Februari 2023 mendatang.

Hal tersebut terungkap dalam Rapat Panitia Daerah HPN 2023 yang berlangsung di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30, Medan, Sabtu 21 Januari 2023.

Rapat yang dipimpin  Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Arief S Trinugroho selaku Ketua Umum Panitia Daerah HPN 2023, didampingi Ketua III yang merupakan Kepala Dinas PMPPTSP Faisal Arif Nasution, dan Sekretaris Kepala Dinas Kominfo Ilyas S Sitorus, turut dihadiri Plt Asisten Administrasi Umum Zulkifli, Assisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Basarin Yunus Tanjung, serta seluruh Kepala OPD Pemprov Sumut dan Kepala BUMD.

Sekdaprov Arief S Trinugroho dalam kesempatan itu meminta seluruh Kepala OPD dan BUMD untuk menyukseskan HPN 2023 di Sumut, dengan memberikan pelayanan terbaik bagi para tamu yang hadir.

Menurutnya, Sumut pada tahun 2023 ini mendapat kesempatan yang luar biasa menjadi tuan rumah even nasional, bahkan dunia.

“Awal tahun 2023 ini kita mendapat kepercayaan yang besar menjadi tuan rumah berbagai even,  tidak hanya skala nasional, bahkan dunia. Untuk itu, mari kita berikan pelayanan terbaik, sehingga Sumatera Utara dapat memberikan citra dan kenangan yang baik, “ ujar Arief.

Ditambahkannya, kegiatan-kegiatan ini, juga akan mendorong kebangkitan ekonomi Sumut.

Seperti diketahui, Sumut juga mejadi tuan rumah ajang balap perahu super cepat atau F1H2O (F1 Powerboat). Perhelatan bertaraf internasional tersebut akan diselenggarakan di Danau Toba,  pada 24-26 Februari 2023.

HPN 2023 sendiri akan dihadiri belasan ribu tamu yang berasal dari unsur organisasi pers, pemerintah daerah dari seluruh provinsi, para Duta Besar dan wartawan asing.

Adapun rangkaian kegiatan dalam rangkaian HPN yang akan berlangsung pada 7 Februari 2023 diantaranya:

  • Workshop Literasi Digital “Media Sosial dan Entrepreneurship Untuk Generasi Milenial” di Aula Fisip – USU.
  • Seminar Seruan Pers dari Sumatera Utara “Pers Bebas, Demokrasi Bermartabat dan Seminar Anugerah Jurnalistik Adinegoro” di Ballroom Hotel Grand Mercure
  • Seminar Internasional “Disrupsi Digital dan Tata Ulang Ekosistem Media Yang Berkelanjutan” di Amarilis Room – Hotel Grand Mercure.

Pada tanggal yang sama juga akan berlangsung Kongres Ke XXVI SPS dan Seminar SPS di  Ballroom Hotel Arya Duta, Diskusi Anugerah Kebudayaan di Hotel Santika Dyandra.

Kemudian, akan digelar Rakernas IKWI dan Bakti Sosial di Hotel Khas Parapat pada 7 – 8 Februari, Pertemuan Dewan Kehormatan PWI Pusat dengan Dewan Kehormatan Provinsi se-Indonesia di Aula T Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur.

Selanjutnya pada tanggal 7-12 Februari 2023, akan digelar Pameran HPN 2023 dan Pameran Tiga Abad Surat Kabar Indonesia di Komplek Astaka Pemprov Sumut.

Sementara untuk kegiatan pada 8 Februari 2023, antara lain:

  • Seminar Internasional Trade “Tourism and Investment Forum For North Sumatera” di Ballroom Hotel Adimulia.
  • Konvensi Nasional Media Massa, digelar di Ballroom Hotel Grand Mercure Medan.
  • Seminar Olahraga “Strategi Sumut dan Aceh Meningkatkan Prestasi Olahraga Dan Kebangkitan Ekonomi Daerah“ dan Rakernas SIWO di Ballroom Hotel Santika Medan.
  • Seminar Dana Bagi Hasil Perkebunan untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Daerah di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur.
  • Welcome Dinner di Rumah Jabatan Gubernur.

Puncak acara akan dilaksanakan di GOR Gedung Serba Guna Pancing Medan pada 9 Februari 2023 yang akan dihadiri Presiden Republik Indonesia Joko Widodo serta Tour ke Danau Toba bagi Peserta HPN di Hotel Khas Parapat pada 9-10 Februari 2023.

(red_BS65)