Bupati Katingan Berharap KPU Bisa Mengulangi Kesuksesan Penyelenggaraan pada Pemilu Tahun 2024

Doc. BS - Bupati Katingan Sakariyas.

KASONGAN – Bupati Katingan Sakariyas, menghadiri pelantikan sebanyak 483 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) Badan Adhoc penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 se-Kabupaten Katingan, di Gedung Salawah Kasongan, Selasa 24 Januari 2023.

Pelantikan tersebut dilakukan oleh Ketua KPU Kabupaten Katingan Subandy, dan dihadiri juga dari Komisioner KPU dan Bawaslu Provinsi Kalteng, Bawaslu Katingan, sejumlah Kepala SOPD lingkup Pemerintah Kabupaten Katingan serta tamu undangan yang hadir.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Katingan Sakariyas, menyampaikan selamat kepada anggota PPS yang sudah resmi dilantik khusus yang tergabung di 4 wilayah kecamatan yaitu Katingan Hilir, Tasik Payawan, Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan.

Mantan Pimpinan Bank Kalteng Cabang Kasongan ini mengatakan tugas anggota PPS tidaklah ringan, karena salah satu tugas berat yang harus di hadapi adalah memastikan penduduk yang memenuhi syarat sebagi pemilih harus terdaftar kedalam daftar pemilih tetap (DPT) ditempat. Sebab, dengan memastikan semua yang memiliki hak pilih masuk kedalam DPT merupakan langkah awal untuk bisa meningkatkan partisipasi dalam Pemilu 2024 nanti.

“Saya sangat berharap dengan pengalaman-pengalaman KPU sebagai penyelenggara Pemilu dapat mengulang kembali kesuksesan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Katingan. Oleh karena itu sinergitas dan koordinasi yang intensif dengan pihak keamanan, badan pengawas Pemilu dan pemerintah daerah melalui instansi terkait harus ditingkatkan pada saat pemilu 2024 khususnya di Kabupaten Katingan,” Tegas Sakariyas.

Dirinya juga menyampaikan pesan kepada para perangkat daerah agar kiranya dapat memberikan dukungan terhadap pelaksanaan tugas PPK, PPS serta KPPS di masing-masing wilayah kerjanya.

“Hal ini tidak terlepas dari tugas kita selaku aparat pemerintah daerah, untuk dapat memberikan dukungan fasilitasi serta membuka jalan untuk menjalin kerjasama yang baik demi suksesnya pelaksanaan Pemilu tahun 2024,” pungkasnya.

(annas)