Wakapolres Gunung Mas Laksanakan Sidang BP4R Personel

IST/BERITA SAMPIT - Wakapolres Gunung Mas Kompol Aries Nugroho didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Gunung Mas Indah Asep saat memimpin sidang BP4R.

KUALA KURUN – Sepasang calon pengantin yang akan melaksanakan perkawinan dengan anggota Polri menjalani sidang Badan Pembantu Penasehat Perkawinan Perceraian dan Rujuk (BP4R) di aula Bhayangkari Polres Gunung Mas, Kamis 26 Januari 2023 pagi.

Kegiatan sidang BP4R tersebut dipimpin oleh Wakapolres Gunung Mas, Kompol Aries Nugroho didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Gunung Mas Indah Asep, selain itu turut didampingi oleh Kabag SDM, AKP Made Suta, Kasiwas Iptu Edy dan Rohaniawan.

Kapolres Gunung Mas, AKBP Asep Bangbang Saputra melalui Wakapolres Kompol Aries Nugroho mengatakan, sebelum pelaksanaan kegiatan sidang BP4R harus dilakukan pengecekan terhadap kelengkapan persyaratan untuk dimulainya sidang ini.

“Kepada anggota dan pasangan yang mengikuti sidang nikah agar mempersiapkan diri untuk menuju ke rumah tangga yang sakinah mawaddah warrahmah dan memberikan arahan serta petunjuk kepada calon mempelai agar mengerti tugas dan peran jika sudah berumah tangga nantinya,” ungkap Kompol Aries Nugroho.

Lebih lanjut dikatakannya, sidang badan pembantu penasehat perkawinan perceraian dan rujuk adalah sidang untuk pemberian izin nikah pada anggota Polri yang akan melaksanakan pernikahan.

“Sidang nikah ini wajib dilaksanakan bagi seluruh personel Polri beserta calon pasangannya yang akan melangsungkan pernikahan karena merupakan syarat yang harus dipenuhi untuk melangsungkan pernikahan,” tuturnya.

Dimana hal tersebut sesuai dengan peraturan Kapolri nomor 9 tahun 2010, setiap anggota Polri atau Polwan yang akan melaksanakan perkawinan harus melalui proses sidang BP4R sebelum pernikahan dilangsungkan.

Hal ini didasari untuk mengetahui sejauh mana kesiapan anggota dan pasangannya untuk melakukan pernikahan dengan anggota polri mengingat tugas dan tanggung jawab Polri yang berat.

“Perlu diketahui bahwa tugas Polri sangat berat dan beraneka ragam, untuk itu sebagai istri dari anggota Polri harus memahami suaminya. dan selaku seorang istri anggota Polri dituntut dalam kesederhanaan,” tutupnya.(ale).