Ketua Komisi I DPRD Kotim Desak Pemerintah Bersikap Tegas Pada PT BAS

IST/BERITA SAMPIT - Ketua Komisi I DPRD Kotim Rimbun.

SAMPIT – Ketua Komisi I DPRD Kotawaringin Timur (Kotim) Rimbun mendesak Pemerintah Kabupaten dan Provinsi untuk bersikap tegas kepada manajemen PT BAS supaya segera melaksanakan kewajibannya memberikan plasma kepada masyarakat.

“Pemerintah harus segera membuat surat kepada manajemen perusahaan untuk memberikan hak masyarakat,” kata Rimbun pada Senin 30 Januari 2023.

Rimbun mengatakan hal tersebut untuk menunjukan bukti keberpihakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Kabupaten Kotim dengan masyarakat.

“Kapan lagi untuk memberikan kesejahteraan masyarakat dengan program plasma menyesuaikan aturan yang berlaku,” ujarnya.

Karena ia menilai selama ini pemerintah tak berbuat banyak terhadap aduan masyarakat yang menuntut hak mereka pada perusahaan.

Tak lupa ia meminta pemerintah mendesak manajemen perusahaan untuk segera mengurus Hak Guna Usaha (HGU) sehingga tidak membuat kendala untuk menarik Pendapatan Asli Daerah (PAD) seperti pajak Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

“Kami harap pemerintah dapat meneruskan apa yang diinginkan masyarakat yaitu menuntut hak mereka sehingga bisa segera terealisasikan,” pungkasnya. (Nardi).