Hasupa Hasundau Sarana Efektif Meningkatkan Kebersamaan

HARDI/BERITA SAMPIT - Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Yudianto Putrajaya saat memberikan sambutan.

PALANGKA RAYA – Danrem 102/Pjg Brigjen TNI Yudianto Putrajaya menyampaikan, kegiatan Hasupa Hasundau ini merupakan sarana efektif untuk memelihara dan meningkatkan kebersamaan guna membangun komunikasi dialogis, sehingga dapat diperoleh kesamaan pandang dalam memahami setiap permasalahan yang terjadi, serta akan terpelihara keharmonisan dan sinergitas.

“Ikatan kebersamaan seperti ini perlu kita tumbuh suburkan untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan yang sangat diperlukan guna menghadapi berbagai permasalahan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” katanya saat memberikan sambutan kegiatan Hasupa Hasundau di Balai Berkah Korem 102/Pjg, Selasa 31 Januari 2023.

Ia juga menyebutkan, situasi dan kondisi di lingkungan strategis saat ini terus berkembang dengan cepat, dinamis, dan penuh dengan ketidakpastian. Hal ini telah memunculkan beragam spektrum ancaman baik ancaman militer, ancaman non-militer, maupun ancaman hibrida yang berpotensi mengganggu kedaulatan dan keutuhan NKRI, serta keselamatan segenap Bangsa Indonesia.

BACA JUGA:   Pemerintah Provinsi Kalteng Kembali Luncurkan Mudik Gratis, Begini Cara Daftarnya

Tantangan yang dihadapi Bangsa saat ini, sangatlah beragam dan kompleks. Pandemi Covid-19 masih menyisakan permasalahan berupa krisis ekonomi dan inflasi. Perang antara Rusia dan Ukraina serta ketegangan di kawasan Asia Timur yang turut melemahkan kondisi ekonomi global dan mempengaruhi ekonomi dalam negeri.

“Selain itu di tahun 2023 ini, kita akan dihadapkan dengan tantangan penyelenggaraan Pesta Demokrasi berupa Pemilu dan Pilkada serentak pada tahun 2024,” jelasnya.

BACA JUGA:   Kedaulatan Pangan Harus Dimulai Dari Swasembada Pangan

Selain itu dalam menyikapi beragam kondisi dan tantangan yang dihadapi bangsa tersebut, dirinya selaku Danrem 102/Panju Panjung mengajak seluruh komponen bangsa di wilayah Kalimantan Tengah untuk bersama-sama, bahu membahu, satu frekuensi untuk menjaga keamanan, kedamaian dan persatuan di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

“Mari kita satukan tekad dan semangat, dalam meningkatkan peran serta kita untuk meneruskan dan menuntaskan pembangunan di Kalimantan Tengah agar rakyat lebih sejahtera dan bermartabat,” pungkasnya. (Hardi).