Legislator Kalteng Minta Masyarakat Optimis Kembangkan Buah Lokal

IST/BERITA SAMPIT - Ilustrasi buah lokal.

PALANGKA RAYA – Anggota DPRD Kalimantan Tengah, Jainuddin Karim meminta agar masyarakat Kalteng optimis dalam mengembangkan buah-buahan lokal. Pasalnya, Kalteng merupakan salah satu provinsi dengan potensi ekonomis yang cukup tinggi, termasuk di bidang holtikultura.

Ia mengungkapkan, dari kunjungan kerja ke Unit Pelayanan Teknis Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura atau UPT – BPSBTPH Kalimantan Selatan (Kalsel) beberapa waktu lalu, didapati ada beberapa kesamaan yang membuat Kalteng mampu untuk mengembangkan buah tropis varietas unggul.

“Kalau kita lihat, Kalsel ini sering dianggap lebih maju dan unggul dalam mengembangkan bibit tanaman dan holtikultura varietas unggul. Tetapi, secara letak geografis antara Kalteng dan Kalsel tidak berbeda jauh. Dengan nilai ekonomis yang cukup tinggi, maka butuh pengelolaan yang baik oleh masyarakat,” katanya melalui rilis yang diterima pada Selasa 31 Januari 2023.

BACA JUGA:   Pentingnya Investasi Memberikan Dampak Positif Bagi Masyarakat

Ia menjelaskan, Kalteng secara geografi, memiliki kondisi iklim dan juga tanah yang tingkat kecocokan nya yang cukup tinggi untuk ditanami beberapa jenis varietas unggulan, seperti buah durian, rambutan, dan beberapa jenis mangga.

Tentunya, peluang ini harus bisa dimanfaatkan oleh pemerintah daerah dengan sebaik mungkin. Pasalnya, hal ini tidak hanya akan menguntungkan pemerintah melalui penambahan pendapatan asli daerah, tetapi juga membantu masyarakat dalam meningkatkan taraf hidupnya, khususnya bagi para petani.

BACA JUGA:   Dewan Kalteng Dorong Pemerintah Memenuhi Tanggung Jawab Menyediakan Hak Dasar Masyarakat

“Kita punya buah durian yang khas dengan daging yang tebal dan rasa yang manis dibanding durian daerah lain. Kemudian ada rambutan Antalagi, rambutan Garuda dan ada mangga Mahatir. Ini sangat luar biasa. Menurut saya ini sangat bisa untuk dikembangkan,” jelasnya. (Hardi)