Mercure Hotel (All Rasyid) Pangkalan Bun Jadi Kebanggaan Masyarakat Kotawaringin Barat

Man/BERITA SAMPIT : Inilah dua bangunan termegah di Jantung Kota Pangkalan Bun, Mercure Hotel dan CBI Office Tower, milik H. Abdul Rasyid.AS, yang sebentar lagi akan diresmikan.

Oleh : Maman Wiharja (Wartawan Senior-beritasampit.com )

Sebentar lagi sebuah Hotel berkelas International yang sangat mewah setaraf dengan Hotel Berbintang 5, Mercure Hotel dan juga sebuah Office Tower khusus untuk pusat perkantoran Citra Borneo Indah (CBI), di Jalan Udan Said Pangkalan Bun akan diresmikan.

Pengamatan penulis, kedua bangunan (hotel dan tower) tersebut, jelas akan menjadi kebanggaan warga masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) khususnya dan masyarakat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) pada umumnya.

Apa sebab menjadi kebanggan?, lantaran Mercure Hotel yang juga di bagian puncak bangunan Office Tower tertulis “All Rasyid”, dibangun bukan oleh investor dari luar Kobar Kalteng, melainkan oleh salah seorang pengusaha sukses asli putra daerah Kabupaten Kobar, yakni H. Abdul Rasyid AS yang dalam perjalanan bisnisnya banyak rintangan, namun bagi dirinya bahwa rintangan itu adalah merupakan cambuk untuk lebih semangat meningkatkan kinerja bisnisnya.

Dan memang benar semangat kerja yang telah dilakoni H. Abdul Rasyid, AS bersama seluruh jajaran kinerjanya selama ini, singkatnya telah membuahkan hasil  menjadi perusahaan besar papan atas bernama Citra Borneo Indah (CBI), yang bertaraf Internasional, sebagai induk dari sekian banyak anak-anak perusahaanya baik yang ada di Kabupaten Kobar, Kalteng maupun di Jakarta.

BACA JUGA:   Pj Bupati Kobar Serahkan LKPD, H. Budi Santosa Sudarmadi: Wajib Dilaksanakan Seluruh Pemerintah Daerah

Adalah hari Kamis 21 Maret 2019, pengamatan penulis juga adalah salah satu hari yang cukup bersejarah, bagi H. Abdul Rasyid AS dan jajaran pimpinan, staf, serta karyawan CBI (Group), lantaran hari Kamis tersebut dimulainya peresmian pembangunan Mercure Hotel dan CBI Office Tower di Jalan Udan Said Pangkalan Bun.

Penulis masih ingat, usai acara peresmian Mercure Hotel dan CBI Office Tower, H. Abdul Rasyid dalam sambutannya antara lain mengatakan bahwa dirinya merasa bangga, karena pada tahun 2000 salah satu cita-citanya yang terbesit dalam hatinya telah terkabulkan.

“Alhamdulillah akhirya cita-cita saya ini bisa terlaksana setelah 19 tahun berencana menginginkan di Kota Pangkalan Bun dibangun sebuah hotel berkelas International, dan sekarang peletakan batu pertama sudan dimulai,“ ungkap H. Abdul Rasyid AS.

Masih dalam sambutannya, H. Abdul Rasyid AS juga menyampaikan kepada para undangan, bahwa alasan dirinya membangun hotel dan pusat perkantoran CBI (Group), berdasarkan pertimbangan dan banyak hal lainnya.

“Walaupun banyak pihak yang mengatakan, secara ekonomi masih belum layak di Kota Pangkalan Bun dibangun hotel berkelas International. Namun lantaran saya ingin memajukan daerah asal saya yaitu Pangkalan Bun, maka diputuskan hotel tersebut kita bangun di sini,” papar H. Abdul Rasyid AS.

BACA JUGA:   Akibat Lupa Mematikan Kompor, Rumah dan Barakan di Gang Cemara Pangkalan Bun Jadi Arang

Hal lainnya, lanjut H.Abdul Rasyid AS bahwa dirinya ingin mengubah  perekonomian Kabupaten Kobar menjadi lebih maju dan perputaran uang di Kobar akan terus meningkat. Contoh kecil, seluruh pimpinan dan ribuan karyawan CBI Group , berbelanja kebutuhan pokok di Kabupaten Kobar.

Dalam sambutannya, H. Abdul Rasyid sedikit menyentil untuk membandingkan dengan sejumlah perusahaan yang berkantor pusat di Jakarta, namun usahanya bisnisnya di Kabupaten Kobar, tentunya uang yang didapat di Kobar akan dibelanjakan di Jakarta.

“Sehingga mereka hanya menguntungkan Jakarta dalam hal perputaran uang dan hanya sedikit yang bisa dirasakan oleh pedagang dan masyarakat di Kabupaten Kobar,“ pugkas H. Abdul Rasyid AS.

Mercure Hotel dan CBI Office Tower, yang menurut penulis menjadi kebanggaan Kabupaten Kobar – Kalteng, kini telah berdiri sangat megah di jantung Kota Pangkalan Bun.

Dan menurut H. Abdul Rasyid AS dalam arahan kepada para karyawan CBI Group, sebelum star acara Jalan Sehat Sabtu 28 Januari 2023, rencana 3 Februari 2023 Kantor Pusat CBI Group sudah pindah kantor ke CBI Office Tower. SEMOGA***