Pemkab Barut Salurkan Bantuan Korban Kebakaran, Rencana Pemerintah Rumah Akan Dibangun Kembali

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra saat menyerahkan bantuan di Kelurahan Lahei II.

MUARA TEWEH- Pemerintah Kabupaten Barito Utara menyalurkan bantuan untuk korban kebakaran di Kelurahan Lahei II. Peristiwa kebakaran yang terjadi pada
Minggu 29 Januari 2023 mengakibatkan 17 Kepala Keluarga kehilangan tempat tinggalnya.

“Kami turut berbelasungkawa atas musibah yang menimpa masyarakat Lahei II,” ujar H. Nadalsyah melalui pesan singkatnya saat melakukan terapi pengobatan di Penang, Malaysia, Senin 30 Januari 2023.

Dari musibah kebakaran itu mengakibatkan 13 rumah sekaligus lima gedung sarang burung walet hangus terbakar, dan lima rumah lainnya yang terdampak.

Untuk itu Wakil Bupati Barut Sugianto Panala Putra didampingi Sekretaris Daerah Drs. Muhlis dan Ketua GOW Barito Utara, Nilasari, meninjau langsung lokasi kebakaran guna menyalurkan bantuan.

Saat melihat kondisi lapangan, Sugianto Panala Putra menyampaikan, sambil berkoordinasi dengan Lurah dan Camat, sehingga kebutuhan para korban kebakaran bisa terpetakan secara jelas dan akurat.

“Saya mendengar pakaian juga sangat dibutuhkan, karena ada korban yang tidak punya pakaian lagi. Ini menjadi perhatian kita. Dinas terkait dan pegawai di Setda akan bergerak untuk membantu pakaian,” ungkapnya.

Katanya sesuai arahan Bupati, Pemkab Barut memikirkan bantuan pembangunan kembali rumah bagi para korban dan menyiapkan pencegahan kebakaran secara maksimal.

“Bantuan sembako dan pakaian merupakan keperluan jangka pendek,” jelas Sugianto.

Sementara dari data yang dihimpun serta laporan BPBD dan pihak kecamatan, kerugian akibat kebakaran ditaksir kurang lebih Rp1,5 miliar.

BPBD juga mendistribusikan logistik untuk keperluan dapur umum, dan mengirimkan tiga orang tenaga medis guna melakukan cek kesehatan warga pasca kebakaran. Saat penyerahan bantuan hadir juga Wakil Ketua I DPRD Kalteng Jimmy Carter. (isk).