Penjabat Bupati Kobar Menegaskan Seluruh SKPD Hadir Dalam Musrenbang Tingkat Kecamatan

Penjabat Bupati Kobar Anang Dirjo.

PANGKALAN BUN – Pejabat Bupati Kotawaringin Barat Anang Dirjo menegaskan kepada seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), agar hadir dalam kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan. Hal ini untuk cepatnya realisasi usulan dari bawah.

Apa yang di sampaikan Pj Bupati didalam kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan di Arut Selatan, mengingat tidak mencapai 50 persen, Kepala SKPD yang hadir dalam kegiatan tersebut, hal ini membuat Pj Bupati Kobar Anang Dirjo agak sedikit berang.

“Setelah tadi saya absen kepala SKPD banyak yang tidak hadir, bahkan tidak ada yang mewakili, ini sangat memprihatinkan sebab kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan ini sangat penting dalam menjalankan program pembangunan Kabupaten Kotawaringin Barat,” ujar Anang Dirjo di hadapan peserta Musrenbang RKPD Tahun 2023 di Kecamatan Arut Selatan.

BACA JUGA:   Empat Orang Lulusan STTD-PTDI Menerima SK Calon Pegawai Negeri Sipil

Menurut Anang Dirjo, ketidak hadiran kepala SKPD didalam Musrenbang tingkat Kecamatan, salah satu kendala terrealisasinya usulan dari bawah (desa /Kelurahan), padahal konsep pembangunan yang sejatinya merupakan usulan dari bawah.

“Ini yang menjadi kendala apa yang di usulan tidak terealisasi karena bagaimana Kepala SKPD bisa mengetahui atau pun memasukan dalam program kerjanya, jika mereka (kepala SKPD) tidak hadir dalam Musrenbang, dan menjadi kesalahan kita semua apabila pembangunan di daerah kita lambat, dan bagaimana kepala SKPD ini bisa paham apa yang di butuhkan masyarakat karena dalam kegiatan Musrenbang saja tidak hadir, ” tegas Anang Dirjo.

Lanjutnya, pentingnya SKPD hadir dalam Musrenbang tingkat Kecamatan ini, agar yang di usulkan oleh Desa /Kelurahan dapat langsung di respon, dan begitu kegiatan Musrenbang tingkat Kabupaten, tinggal di fix kan saja kalau usulan Kecamatan sudah masuk di program kerja SKPD yang bersangkutan.

BACA JUGA:   Juni Gultom Kembali Meraih Gelar Doktor Ilmu Manajemen Dari STIESIA Surabaya

“Saya selalu ingatkan kepada seluruh kepala SKPD, Kesalahan dari perencanaan maka membuat kemunduran dalam pembangunan, kita ini mau semua program kerja maupun pembangunan yang kita kerjakan ini benar benar bermanfaat bagi masyarakat, sehingga tidak ada anggaran yang mubazir, dan suksesnya pembangunan apalagi kita merealisasikan apa yang di usulkan dari Desa /Kelurahan,” ucap Anang Dirjo.

Dalam kesempatan itu juga, Anang Dirjo meminta agar kepala SKPD hadir di Musrenbang tingkat Kecamatan yang berikutnya, karena masih ada 5 Kecamatan lagi yakni Kecamatan Kumai, Kotawaringin Lama, Pangkalan Banteng, Pangkalan Lada dan Kecamatan Arut Utara. (Man).