Seorang Wanita di Minimarket Delta Tersengat Listrik Tegangan 20 Ribu Volt

ISKANDAR/BERITA SAMPIT - Korban sengatan listrik PLN, dalam perawatan di RSUD Muara Teweh.

MUARA TEWEH – Seorang wanita bernama Mini (47) di kota Muara Teweh, tersengat listrik kabel PLN dengan tegangan 20 ribu volt di lantai atas bangunan Minimarket Delta jalan Sengaji Hulu, Kabupaten Barito Utara.

Peristiwa itu sempat membuat geger warga sekitar, terjadi Selasa 31 Januari 2023, pukul 08.30 WIB.

Saat mendapat informasi ada orang warga tersengat listrik, pihak PLN langsung mematikan sumber utama tegangan listrik 20 ribu volt.

Meski korban sempat menggantung di atas kabel, beruntung masih dapat diselamatkan dan dilarikan ke RSUD Muara Teweh, saat dilakukan penanganan tubuh korban sebagian dalam keadaan kulit terbakar.

Salah satu keluarga korban Heri Susanto mengatakan saat ini korban masih dalam perawatan medis dan parah di bagian kaki dan leher.

“Yang parahnya di bagian kaki dan leher,” ucap Heri saat dibincangi di RSUD Muara Teweh.

BACA JUGA:   Uang Ratusan juta Terbakar saat Jago Merah Mengamuk

Sementara Nur Kosim petugas yang membidangi Keselamatan dan Kesehatan Kerja dan Lingkungan (K3L) PLN Muara Teweh mendapat informasi bahwa korban tersengat listrik saat melakukan aktivitas bersih-bersih.

“Tadi kami dari sana bertemu keponakannya, katanya saat bersih-bersih disitu ada kabel, kemungkinan antara tertarik atau tersentuh, namun saat kejadiannya kami tidak tahu secara persis,” kata Nur Kosim.

Kosim menjelaskan saluran PLN dengan tegangan 20 ribu volt untuk jarak yang aman melakukan aktivitas mulai dari dua meter hingga tiga meter.

“Itu kan induksi ada medan magnet saat menarik jaraknya 20 cm, kalau kabelnya jarak 20 cm itu udah tertarik dan bisa nyetrum bahkan ada percikan api nya,” jelas Kosim.

Pihaknya juga mengajak masyarakat agar lebih waspada dan berhati-hati jika melakukan aktivitas dekat dengan jaringan kabel listrik.

BACA JUGA:   Kasus Pencurian Sarang Burung Walet di Katingan Berakhir Damai

“Dari kami kemungkinan kabelnya nanti akan di buat ada bungkusnya, dan terkait warga atau masyarakat yang beraktivitas dekat dengan jaringan 20 ribu volt, agar lebih berhati-hati dan waspada saat beraktivitas dengan tetap menjaga jarak aman minimal dua setengah meter,” katanya.

Mini, diketahui warga asal Bojonegoro, Jatim bekerja sebagai Pembantu Rumah Tangga (PRT).

Berdasarkan penyelidikan kepolisian, Kasat Reskrim Polres Barito Utara, AKP Wahyu Satio Budiarjo, menyampaikan korban tersengat aliran listrik kabel PLN di bangunan lantai atas Minimarket Delta, diduga karena terpeleset.

“Berdasarkan keterangan saksi, pagi itu korban pergi ke lantai paling atas gedung Delta Mart untuk melakukan pekerjaan seperti biasanya bersih-bersih sekaligus menyiram tanaman. Diduga terpeleset sehingga leher korban tergantung di kabel listrik A3c aluminium tanpa pelindung karet dengan tegangan 20.000 volt,” kata Wahyu kepada wartawan. (isk).