Aplikasi Srikandi Diterapkan di Kantor Hingga Satuan Pendidikan di Kapuas

KUALA KAPUAS – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpustaka) Kabupaten Kapuas gencar berkunjung, bimbingan maupun pembinaan ke sejumlah kantor, lembaga dan satuan pendidikan guna menerapkan aplikasi Srikandi (Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi).

Kepala Disarpustaka Kapuas Suwarno Muriyat mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Bifahmiddin Kuala Kapuas memberikan pembinaan seraya menyerahkan buku karyanya.

“Kunjungan saya dan rekan-rekan dari Bidang Perpustakaan Disarpustaka ke sejumlah sekolah dan umum agar para pustakawan dapat memahami mekanisme pelaksanaan akreditasi perpustakaan,” kata Suwarno, Kamis, 2 Februari 2023.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kapuas terkait akreditasi perpustakaan sekolah. Bahkan melalui relaksasi akreditasi perpustakaan sekolah dan umum akan mendapat predikat “C” tanpa proses penilaian akreditasi secara regular.

“Persyaratannya perpustakaan telah memiliki lebih dari 1.000 judul yang dibuktikan dengan gambar dan surat pernyataan dari kepala sekolah, sejumlah koleksi dimaksud telah diolah dan dilayangkan kepada pemustaka sesuai kaidah, dan mengisi profil perpustakaan,” katanya.

Pihaknya selalu siap membimbing dan mendampingi persiapan akreditasi sekolah dan umum serta memfasilitasi kepada Tim Akreditasi pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Kalimantan Tengah. (Hasan)